Sekjen Aman Titip Masyarakat Adat ke Gus Muhaimin

admin

Matahationline.com – Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) Rukka Sombolingi mengatakan urgensi UU Masyarakat adat perlu segera disahkan. Oleh sebab itu pihaknya berharap kepada Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimi) sebagai Wakil Ketua DPR RI agar dapat membantu merealisasikan hal tersebut.

“Gus Dur mengatakan bahwa masyarakat adat telah mengalami eksploitasi. Dan seharusnya seluruh perusahaan di wilayah adat yang sudah terlanjur harus memabagi saham kepada masyakat adat. Yaitu enam puluh persen perusahan dan empat puluh persen kepada masyarakat adat” ungkap Rukka saat acara peringatan haul Gus Dur (Abdurrahman Wahid) ke 12 yang diselenggarakan oleh DPP PKB secara virtual, Minggu (12/7/21) malam.

Rukka menjelaskan bahwa kepemilikan saham tersebut adalah gagasan yang telah diwariskan oleh Gus Dur. Oleh sebab itu pihaknya berharap kepada Gus Muhaimin sebagai legislatif agar bisa membantu dalam mengesahkan UU Masyarakat Adat yang telah lama tertunda.

“Dari kepemilikan saham enam puluh-empat puluh inilah kemudian pemerintah mengambil pajak untuk pembangunan. Itu adalah gagasan Gus Dur yang patut kita ingat itu hampir dua dekade yang lalu”, ungkap Rikka.

“Dan sampai sekarang ini di DPR belum disahkan. Titip kepada Gus Muhaimin, dan kader-kader NU yang lain khususnya kepada Pak Menenteri, UU Masyakat Adat ini sudah karatan di DPR belum disahkan sudah dua belas tahun. Mudah-mudahan segera disahkan” harap Rukka. [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rais Syuriah (PCI) NU Australia Berharap PKB Jadi Orang Tua Asuh untuk Anak Yatim Covid-19

Matahationline.com – Pandemi Covid-19 berdampak kepada seluruh sektor, tak terkecuali juga banyak anak yang harus menjadi yatim karena ditinggal oleh orang tuanya. Oleh karena itu, Rais Syuriah Pengurus Cabang Istimewa (PCI) NU di Australia dan Selandia Baru, Nadirsyah Hosen berharap PKB bisa menjadi orang tua asuh bagi anak yatim Covid-19. […]