Mendes PDTT Sebut Pembangunan Desa Untuk Mempercepat Penurunan Stunting

admin
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar

Matahationline.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan arah pembangungan Desa adalah untuk mempercepat angka penurunan stungting di Desa. Ada 6 fokus kebijakan pembangunan Desa untuk meningkatkan konvergensi stunting.

“Pembangunan Desa ini memastikan percepatan penurunan stunting di Desa, Desa tetap memilih prioritas dalam membangun masa depan anak-anak dengan memperhatikan kesehatan dan pendidikan anak” kata Gus Halim, demikian ia biasa disapa saat memberikan sambutan secata virtual pada acara rapat koordinasi Nasional, Senin (23/7/21).

Gus Halim menjelaskan, ada enam fokus kebijakan pembangunan Desa demi meningkatkan konvergensi stunting. Pertama, pendataan mikro yang berkelanjutan kepada ibu dan anak 0-2 tahun.

Kedua, pendampingan terhadap pelaksanaan konvergensi stunting. Ketiga, peningkatan pelayanan posyandu. Keempat, peningkatan pembangunan rumah layak huni, terutama berkaitan pengadaan fasilitas air bersih.

Kemudian yang kelima adalah peningkatan keikutsertaan dalam jaminan kesehatan, terutama untuk ibu dan anak. Yang terakhir yaitu akta kelahiran untuk seluruh anak.

Saat ini, lanjut Gus halim menjelaskan, saat ini konvergensi stunting terhadap anak di bawah usia 0-2 tahun naik menjadi 32,96 persen dan 27,34 persen.

“Konvergensi terhadap ibu hamil meningkat menjadi 47,49 persen dari 38,41 persen. Konvergensi stunting terhadap anak di bawah usia 2 tahun dari 27,34 persen menjadi 32,96 persen” jelas Gus Halim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hadapi Masa Sulit Pandemi, Gus Muhaimin Ingatkan Sosok Gus Dur dan Politik Kesejahteraan Inklusif

Matahationline.com – Dalam menghadapi masa sulit saat pandemi seperti sekarang ini, Ketua DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengingatkan kembali semangat perjuangan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) agar bisa menjadi inspirasi bersama untuk keluar dari masalah yang berkepanjangan ini. “Semoga semangat perjuangan Gus Dur menjadi inspirasi pemerintah, masyarakat dan […]