Gus Muhaimin: Perlunya Politik Hijau Untuk Selamatkan Lingkungan Hidup

admin
Foto Istimewa

Matahationline.com – Perubahan iklim menjadi fakta yang tidak bisa disangkal lagi. Pembangunan yang mengabaikan keberlangsungan lingkungan hidup masih terjadi, khususnya di Indonesia. Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) memeberikan perhatian khusus, bahwa dibutuhkan politik hijau demi menyelamatkan lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan Gus Muhaimin saat memberikan sambutan di acara Webinar “Bridging Policy and Scence for People, Planet and Posperity” yg diselenggarakan oleh Envorenmetn Institute, Rabu (15/9/21)

“Selama 30 tahun terkahir pembangunan Indonesia masih bergantung kepada sumber daya alam. Selama ini negara telah lunak dan kurang hadir dalam mencegah kerusakan lingkungan hidup akibat pemcemaran udara, libah B3, penebangan liar, pencurian ikan, dan terumbu karang serta penambangan liar”, ungkap Gus Muhaimin, Rabu (15/9/21)

Ia menjelasakan, unntuk menanggulangi hal tersebut dibutuhkan kebijakan tataruang yang terintegrasi dan berkeadilan. Sudah saatnya pemerintah mengalihkan arah pembangunan dari berbasis karbon tinggi menjadi pembangunan karbon rendah.

“Kita Indonesia, harus memulai lompatan dan pergeseran dari pembangunan berbasis tinggi kepada pembangunan karbon rendah. Sudah waktunya kita mendukung politik hijau. Politik yang berkomitmen untuk pemerataan ekonomi dan sekaligus berjuang menyelamatkan lingkungan hidup, mengatasi perubahan iklim dan memastikan keadilan antar generasi” terang pria kelahiran Jombang ini.

Dalam acara itu, hadir juga menteri keuangan yang diwakili oleh Febrio Nathan Kacaribu Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenenterian Keungan RI, Dr Mahawan Karuniasa CEO Environment Institude, Dr. Nur Masripatin Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gus Muhaimin Sebut Pembangunan SDM Indonesia Masih Belum Optimal

Matahationline.com – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bansga (PKB) Abdul Muhaimin Iskadar (Gus Muhaimin) menilai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia masih belum optimal. Kendati pemerintah telah mencanangkan pengembangan SDM dengan beberapa program, namun masih tidak cukup memberikan dampak yang signifikan. “Meski dengan rencana yang matang dan berbagai program […]