Gus Menteri: Optimalisasi Peran BUMDesa Akan Terus Digenjot

admin
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menghadiri acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora secara Virtual

Matahationline.com – Menteri Desa Pembangunan Daerah Teritinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Menteri) mengatakan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang kini sudah berbadan hukum akan terus di genjot.

Hal itu disampaikan Gus Menteri saat mengahadiri menghadiri acara puncak Gerakan Banga Buatan Indonesia yang bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora yang digelar secara virtual, Jumat (18/6/21).

“Peran ini akan dioptimalisasi untuk mengkonsolidasi berbagai usaha yang dilakukan warga masyarakat,” kata Gus Menteri.

Keberadaan BUMDesa atau BUMDesa bersama diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa, oleh karena itu unit usaha yang dijalankan oleh keduanya tidak boleh sama dengan usaha yang dilakukan oleh masyarakat desa.

Gus Menteri menegaskan, tugas BUMDesa adalah untuk mengkonsolidasikan usaha dari hulu ke hilir, utamanya terkait dengan pendistribusian barang dan upaya pencarian pasar produk desa. “Oleh karenanya sebuah keniscayaan bagi BUMDesa untuk terus ditingkatkan kemampuan digitalisasinya,” kata Abdul Halim Iskandar.

Dia kembali mengingatkan, bahwa Dana desa dapat digunakan untuk pelatihan digitalisasi. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dana desa bisa dilakukan untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia.

“Ketika digunakan untuk dua hal itu maka Dana Desa digunakan, tentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutup Mendes PDTT.

Dalam kesempatan tersebut juga, pria kelahiran Jombang ini memberi apresiasi atas penyelanggaraan Gernas BBI ini dan ucapkan selamat atas peluncuran Kilau Digital Permata Flobamora NTT.

“Semoga melalui Gernas BBI ini, gairah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah terus meningkat hingga percepat kebangkitan ekonomi nasional dalam pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gus Muhaimin: Penembakan Terhadap Jurnalis adalah "Alarm" Kebebasan Pers

Matahationline.com – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mendesak Polda Sumatera Utara untuk mengusut tuntas dan mengungkap motif penembakan terhadap pemimpin redaksi lassernewstoday.com, Mara Salem Harahap atau Marsal Harahap. Menurut Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, kasus penembakan terhadap jurnalis merupakan ‘alarm’ bagi kebebasan pers di Indonesia. “Saya minta agar kasus […]