Politisi PKB Bangga, Desa Bejijong Mojokerto Raih Penghargaan Desa Wisata Terbaik

admin

matahationline.com – Provinsi Jawa Timur kembali mendapat penghargaan 6 Desa Wisata terbaik dari total 50 Penganugerahan Desa Wisata terbaik tahun 2021. Salah satu desa yang mendapat penganugerahan itu ialah Desa Wisata Bejijong Kabupaten Mojokerto.

Penganugerahan yang diberikan kepada Desa Wisata Bejijong, pun dilaksanakan, Jumat (17/9/2021). Dalam kesempatan tersebut disaksikan langsung oleh Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah.

Ia mengatakan, kehadirannya merupakan bentuk kebanggaan, karena Desa Wisata Bejijong yang notabene merupakan dapilnya sendiri (Mojokerto-Jombang) sudah memberikan contoh baik bagi desa lain untuk selalu berinovasi, meng-upgrade potensi daerah demi kemajuan wisata Desa.

“Penghargaan ini sangat penting untuk menyulut api semangat temen-temen Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), karena meskipun dimasa pandemi, temen-temen Pokdarwis terus mengembangkan inovasi, kreativitas untuk kemajuan wisata Desa,” kata Ahmad Athoillah.

Mas Atho’ sapaan akrabnya menuturkan, pariwisata merupakan sektor yg sangat terdampak saat pandemi di saat penerapan PSBB hingga PPKM level 4 (Jawa-Bali) beberapa bulan terakhir. Tapi dengan adanya inovasi dari penduduk desa, pembatasan kegiatan sosial itu akhirnya tidak terlalu berdampak signifikan.

“Karena Peraturan Pemerintah menetapkan wisata harus tutup, masyarakat diwajibkan untuk local distancing. Desa Wisata sudah terbukti memberikan sumbangsih dalam mempercepat perputaran ekonomi di desa. Peran wisata desa juga terbukti membangkitkan UMKM disekitar desa wisata tersebut,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, setelah acara penganugerahan tersebut , Mas Atho’ yang juga Anggota Komisi B ini, menyempatkan diri mendengarkan keluh kesah anggota Pokdarwis.

Ia mengatakan, salah satu keluhan dari anggota Pokdarwis adalah kurangnya peran pemerintah dalam memfasilitasi pelatihan bagi para SDM.

Kurangnya sosialisasi terkait potensi desa wisata juga menjadi tambahan penting yang perlu diperhatikan pemerintah. Oleh karenanya, Mas Atho’ meminta Pemerintah Provinsi Jatim, melalui Dinas Pariwisata untuk memperhatikan perkembangan desa wisata, khususnya nasib anggota Pokdarwis.

“Seharusnya Ibu Gubernur tidak hanya mengucapkan terimakasih kepada Para Pokdarwis saja. Mereka sudah berupaya keras, mengorbankan tenaga, waktu bahkan biaya untuk mempercantik desanya. Gubernur Jatim lewat Dinas Pariwisata harus ada tindakan yang dikeluhkan para Pokdarwis. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi untuk teman-teman Pokdarwis perlu ada semacam tunjangan untuk Pokdarwis yang berprestasi dan bantuan keuangan pengelolaan desa wisata yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg berlaku,” pungkas Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim ini.

Diketahui adapun 6 desa wisata yang mendapatkan penganugerahan desa wisata terbaik yakni, Desa Wisata Kampung Blekok Kabupaten Situbondo, Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang, Desa Wisata Tamansari Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani Lumajang, Desa Wisata Serang Kabupaten Blitar dan Desa Wisata Bejijong Kabupaten Mojokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gus Muhaimin Dukung Penuh Regulasi Ekonomi Ramah Lingkungan

Matahationline.com – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan, PKB memiliki komitmen yang kuat untuk mendorong regulasi ekonomi ramah lingkungan. “Sebagai Green Party, PKB memiliki komintmen yang kuat untuk mendorong “regulasi hijau” yang akan membawa pertumbuhan ekonomi, keterjagaan lingkungan, dan sosial, serta menghadirkan kesejahteraan,” […]
Muhaimin