Pimpinan DPRD Jatim Berharap Pemerintah Dukung Penuh Desa Wisata dalam Pengelolaan Aset

admin

Matahationline.com – Memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-76 tahun Wakil DPRD Jatim, Anik Maslachah berharap Pemerintah Provinsi Jatim benar-benar mewujudkan tagline Jatim Bangkit. Salah satunya memberikan titik tekan pada pemberdayaan potensi yang ada di Desa.

Hal tersebut dikatakan Anik, lantaran ia melihat saat ini pertumbuhan perekonomian di desa jika benar-benar termanagemen dengan baik, ternyata lebih maju ketimbang di kelurahan. Tentunya dengan memberikan kewenangan kreasi untuk pemerintah desa, salah satunya memanfaatkan BUMDes dari dana desa yang tersedia.

“Kemiskinan desa dengan kemiskinan Kelurahan ini yang lebih turun drastis itu desa. Artinya pemerintahan ini memberikan keleluasaan penuh, perkembangan desa akan naik signifikan,” kata Anik saat ditemui diruangannya, Rabu (13/9/2021).

Sekertaris DPW PKB Jatim ini menuturkan undang-undang nomor 6 tahun 2016, Peraturan Daerah (Perda) tentang Desa Pariwisata menjadi penguat desa dalam memperoleh pendapatan yang mandiri.

“Ini termasuk memberikan ruang yang sempit kepada pihak ketiga, dan ruang terbuka kepada masyarakat untuk menjaga asetnya melalui desa wisata,” katanya.

Ia pun berharap, meskipun masih dalam kungkungan pandemi Covid-19, desa wisata tetap progres, berjalan maksimal tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Sehingga dilakukan usaha-usaha tetap dibuka dengan safety, healty, sehingga harus dipersiapkan cuci tangan masker dan yang lainnya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Khofifah Sebut Kerja Keras, Sinergi, Doa dan Istiqomah Jadi Kekuatan untuk Bangkit dari Pandemi Covid-19

Matahationline.com – Bertepatan dengan Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur, Hari Jadi ke-111 Pemkab Jombang dan Hari Santri Nasional, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati/Walikota se-Jatim mengikuti Jawa Timur Bersholawat yang digelar secara hybrid dari Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (12/10) malam. Turut hadir Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, […]