Kemendes PDTT Komitmen Terus Berikan Pendampingan untuk Perkembangan BUMDes

admin
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

Matahationline.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menyebutkan keberadaan BUMDes dan BUMDesma mampu membangkitkan ekonomi nasional khususnya pada masa pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, Kemendes PDTT berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan untuk perkembangan BUMDes.

Menurut Gus Halim, keberadaan BUMDes dan BUMDesma selama ini tergolong bagus dan mampu membangkitkan ekonomi sekala desa, bahkan ada beberapa produk milik BUMDes yang telah berhasil menembus komuditas ekspor.

“Tetapi akan kami genjot terus supaya apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan produk-produk UMKM atau BUMDes,” kata Gus Halim dalam program Selamat Pagi Indonesia Metro TV, Selasa (21/09/21).

Doktor Honoris Causa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini melanjutkan, sejak awal pihaknya selalu mengingatkan agar kehadiran BUMDes dan BUMDesma tidak mengganggu UMKM setempat, melainkan harus berkolaborasi dengan UMKM yang telah di prakarsai warga desa sebelumnya.

Dengan demikian, hasil dari sinergi UMKM milik warga desa dengan BUMDes dan BUMDesma dapat memenuhi kebutuhan nasional dan akhirnya dapat membangkitkan kembali ekonomi nasional.

Gus Halim mengungkap yang menjadi tantangan UMKM maupun BUMDes dan BUMDesma saat ini, di antaranya adalah kualitas produk, packaging, pemasaran dan sustainabilitas atau keberlanjutan produksi.

Oleh sebab itu, pihak Kemendes PDTT terus melakukan pendampingan untuk mengatasi masalah yang dihadapi UMKM maupun BUMDes dan BUMDesma tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya juga jalin kerja sama dengan BUMN untuk menuntun BUMDes dan BUMDesma di desa.

“Kita juga carikan off taker, mereka bukan hanya mengambil produk, melainkan juga melakukan pendampingan dari awal proses produksi hingga packaging yang standar internasional,” pungkas Gus Halim [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengamat Sebut Posisi Ketum PBNU Bisa Jadi Bargaining Politik Gus Muhaimin di Pilpres 2024

Matahationline.com – Pengamat Politik Adi Prayitno menilai, posisi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama NU (PBNU) berpeluang manjadi bargaining politik bagi Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) untuk maju Pilpres 2024 mendatang. Adi mengatakan, Ketua Umum DPP PKB itu saat ini sudah memiliki segalanya dari sisi politik. Mulai pernah menjadi […]
Muhaimin