Anggota DPR Fraksi PKB Dorong Petani untuk Ekspor Porang

admin

Ponorogo, Matahationline.com – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ibnu Multazam mendorong petani agar dapat ekspor porang.

Hal ini ia sampaikan pada saat membuka bimbingan teknis hasil kolaborasi Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian yang diselenggarakan di Hotel Gajahmada Ponorogo pada Sabtu (13/11/2021)

Bimtek yang mengusung tema “akselerasi ekspor tumbuhan porang, cincau dan jahe” ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi tumbuhan yang ada di Jawa Timur khususnya di Ponorogo, Trenggalek dan sekitarnya.

“Pelatihan ini untuk mendorong petani milenial agar dapat ekspor komoditas pertanian khususnya porang, cincau dan jahe”. Kata Ibnu Multazam saat ditemui media ini.

Lebih lanjut Ibnu Multazam menjelaskan bahwa pihaknya di Komisi IV akan terus koordinasi dengan pemangku kebijakan terkait ekspor agar petani dapat dengan mudah untuk mengekspor komoditas pertanian.

Sementara itu, Agus Purwantono selaku wakil dari Badan Karantina Pertanian Surabaya sangat puas dengan potensi pertanian yang ada di Ponorogo.

“Dari data yang kami terima Kabupaten Ponorogo memang sangat potensial terkait porang, cincau dan jahe. Dan ini tentunya harus didukung penuh agar petani bisa menembus pasar ekspor,” Jelas Agus Purwantono.

“Harapan kami kedepannya bersama DPR dan Dinas terkait untuk terus bersinergi agar dapat menghasilakan komoditas baru yang layak ekspor,” pungkas Agus.

Bimtek yang diikuti oleh 90 petani dan 10 penyuluh pertanian ini digadang mampu menjawab peluang bisnis porang yang saat ini masih sangat terbuka lebar, mengingat bahwa porang merupakan salah satu komoditas ekspor yang sangat diminati oleh negara-negara Asia Timur terutama Jepang dan China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Pandangan Fraksi PKB Jatim Terhadap Raperda Desa Wisata

Matahationline.com – Keberadaan Peraturan Daerah (Perda) tentang Desa Wisata dinilai terus dilakukan penggodokan di Parlemen Provinsi Jawa Timur. Dalam hal ini, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Jatim melalui pandangan fraksi dalam rapat paripurna, Kamis (25/11/2021) sangat setuju dengan Raperda Desa Wisata. Anggota FKB Jatim, Siti Mukiyarti mengatakan fraksinya sendiri sangat […]