Khofidah Distribusikan Bantuan Sembako dan Uang Tunai untuk Korban Gempa Malang

admin

matahationline.com – Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Khofidah mendistirbusikan bantuan sembako, uang tunai dan semen untuk para korban gempa yang berada di Desa Druju Sumber Manjing Kabupaten Malang, Rabu (14/4/2021). Bantuan tersebut diberikan dalam rangka untuk mengurangi beban para korban gampa yang rumahnya rusak dan bahkan ada yang harus tinggal ditenda pengungsian.

Gempa magnetudo 6,1 SR tersebut  menghancurkan rumah dan berbagai bangunan di wilayah Kabupaten Malang. Data terbaru dari BPBD Kabupaten Malang hingga Rabu sore (14/4/2021) pukul 17.00 WIB, tercatat setidaknya ada 5.010 unit bangunan rumah yang rusak terdampak.

“Dari data yang diterima BPBD Kabupaten Malang hingga Rabu sore tadi pukul 17.00 WIB ada 5.010 unit bangunan rumah rusak di Kabupaten Malang, dengan 29 kecamatan dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang terdampak,” ucap Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan saat dikonfirmasi pada Rabu malam.

Sadono menjelaskan, dari 5.010 unit rumah rusak, dengan rincian 2.330 unit rumah rusak ringan, 1.478 unit rumah rusak ringan, dan 1.202 unit rumah mengalami rusak berat. Jumlah ini bertambah setelah sebelumnya dari data BPBD terakhir ada 4.404 unit rumah rusak pada Selasa sore kemarin.

Selanjutnya ada 192 unit bangunan sekolah, 15 fasilitas kesehatan, 95 bangunan tempat ibadah, dan 15 fasilitas umum rusak akibat terdampak gempa.

Pihaknya juga telah mendirikan tiga pos pengungsian, dimana total ada 932 jiwa penduduk mengungsi. Di Kecamatan Dampit misalnya, ada dua pos pengungsian di Majang Tengah dengan 60 jiwa dan Desa Pamotan dengan 72 jiwa.

“Di titik pengungsian Kecamatan Tirtoyudo, ada tiga lokasi pengungsian, di Desa Sumbertangkil dengan 400 jiwa, Desa Jogomulyan dengan 200 jiwa, dan Desa Kepatihan dengan 150 jiwa pengungsi, sedangkan di Kecamatan Ampelgading ada 50 jiwa pengungsi di Desa Wirotaman,” terangnya.

Sementara dikatakan Sadono, ada tiga titik di tiga kecamatan. Dimana titik pertama di Kecamatan Dampit yang difokuskan di Desa Majang Tengah dan Desa Pamotan. Di Kecamatan Tirtoyudo, ada tiga lokasi dapur umum didirikan di Desa Sumbertangkil, Desa apur umum yang didirikan BPBD Kabupaten Malang, dengan rincian di Desa Sumbertangkil, Desa Jogomulyan, dan Desa Kepatihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPC PKB Sidoarjo Bagikan Takjil Sebulan Penuh

Matahationline.com – Momentum ramadhan kali ini, DPC PKB Kabupaten Sidoarjo melakukan bagi-bagi takjil kepada masyarakat selama satu bulan penuh hingga menjelang perayaan idul fitri nanti. Ketua DPC PKB Kabupaten Sidoarjo, H. Subandi SH. mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PKB terhadap masyarakat di setiap sudut kota Sidoarjo dan jumlahnya perhari […]