Gus Menteri: Kunci Perencanaan dan Pembangunan Adalah Data

admin
Gus Menteri Abdul Halim Iskandar

Matahationline.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengapresiasi proses pemutakhiran pendataan SDGs Desa yang dilakukan di Kabupaten Jember. Untuk itu, Gus Menteri, sapaan akrabnya berharap pendataan SDGs Desa segera selesai.

“Alhamdulilah (pendataan SDGs) sudah jalan bagus. Mudah-mudahan segera selesai sehingga berbasis SDGs Desa bisa memetakan mana kelompok desa yang betul-betul butuh intervensi disamping pemanfaatan maksimal dana desa,” kata Gus Menteri, Minggu (27/6/2021).

Gus Menteri melanjutkan, pendataan SDGs Desa sedang dilakukan pada seluruh desa di Indonesia dan diharapkan berakhir pada Agustus 2021. Data yang didapatkan dari desa tersebut akan dijadikan pedoman untuk menemukan masalah dan potensi dalam pembangunan desa.

Untuk itu, Gus Menteri berharap Bupati Jember Hendy Siswanto terus mengawal pemanfaatan dana desa sebagaimana mestinya.

“Saya berharap pak Bupati kawal betul pemanfaatan dana desa supaya searah seiring dengan strategi pembangunan nasional dan strategi pembangunan kabupaten Jember,” tambahnya.

Gus menteri juga menyebut bahwa kunci utama dalam perencanaan dan pembangunan adalah data. Oleh karenanya, hal tersebut sangat penting dan harus dikawal oleh semua pihak.

“Kunci pendampingan adalah data. Ketika data sudah lengkap dan pak Bupati tahu persis peta kemiskinan tertinggi dimana, bagaimana cara yang tepat untuk dilakukan, potensi pertumbuhan ekonomi yang bagus dimana, dan desa dioptimalkan dan didampingi APBD pasti akan maksimal,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Empat Poin Maklumat Ketum PKB Soal Covid-19, Dukungan Fasilitas Kesehatan Hingga Pemenuhan Kebutuhan Dasar Warga

matahationline.com – Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskadar mengeluarkan maklumat terkait penangan covid-19. Ma’lumat tersebut sebagai bentuk respon kondisi terkini pandemi covid-19 yang semakin parah penyebarannya di Indonesia. Berdasarkan data dari Satgas covid-19, jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di Indonesia hari ini dilaporkan bertambah 20.694, sehingga secara keseluruhan menjadi 2.135.998. […]