Wacana Penutupan dan Bangun Pabrik Gula Baru, Soekarwo: Lebih Baik Revitalisasi

By fandra 15 Mar 2017, 12:31:15 WIBDaerah

Wacana Penutupan dan Bangun Pabrik Gula Baru, Soekarwo: Lebih Baik Revitalisasi

Keterangan Gambar :


Surabaya, matahationline.com – Wacana penutupan dan membangunan kembali pabrik gula baru di Jawa Timur oleh pemerintah pusat terus bergulir. Namun wacana tersebut tampaknya menimbulkan pro dan kontra dari kalangan kepala daerah di Jawa Timur terutamanya Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Soekarwo berpendapat, pemerintah pusat untuk tidak melakukan pembangunan pabrik baru, akan tetapi melakukan revitalisasi publrik yang sudah ada.

"Lebih baik melakukan revitalisasi yang delapan (pabrik gula, red) yang sudah ada. Kemudian yang PG Tulangan dicek betul seberapa parahnya," ungkap pria yang dikenal dengan sebutan Pakde Karwo.

Jawa Timur saat ini mempunyai sembulan pabrik gula. Dari sembilan pabrik tersebut, PG Tulangan Sidoarjo merupakan pabrik gula yang kondisinya rusak parah. Karena itu, Pakde Karwo mengusulkan untuk melakukan revitalisasi ke delapan publik tersebut.

"Saya telah berbicara dengan PT Perkebunan Nasional X menyampaikan bahwa pada prinsipnya penghapusan sembilan pabrik gula itu, saya tidak setuju," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Soekarwo juga menepis adanya rumor bahwa Jawa Timur kekurangan tebu. Namun yang benar adalah rendahnya produksi tebu. Hal tersebut terjadi karena rendemen tebu yang terkadang rendah. Di saat waktu rendemen rendah, masyarakat beralih dari tebu ke tanaman padi dan jagung. Begitu juga sebaliknya, jika rendemen tinggi maka pemilik lahan akan kembali menanam tebu.

Pakde Karwo menuturkan, Wilayah Timur yang saat ini pasokan tebunya yang masih stabil adalah daerah Malang Selatan. "Sekarang di Malang Selatan, yaitu Pabrik Gula Kebun Agung, pasokan tebu masih banyak. Bahkan kelebihan pasokan," terangnya.

Menurut kader Demokrat tersebut, jumlah produksi gula di Jawa Timur saat ini masih jauh di bawah terget produksi. "Kita ini hanya 2,25 juta ton, perlunya adalah 5 juta ton per tahun. Kita masih minus banyak sekali," pungkasnya.[bj/fc]

 

source: beritajatim.com



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. kontraktor pabrik 05 Feb 2018, 17:47:26 WIB

    Revitalisasi juga boleh pak dan jangan lupa kontraktor pabriknya jagalah jalan yang dilintasi karena kan pasti dekat dengan pemukiman warga jangan sampai jalan yang dilewati truk pembanguann malah jadi rusak nantinya

View all comments

Write a comment