Undang Keturunannya dalam Haul, RBT Cerita Masa Pemerintahan Ronggosukowati

By Kontributor 02 Nov 2018, 16:36:42 WIBPemerintahan

Undang Keturunannya dalam Haul, RBT Cerita Masa Pemerintahan Ronggosukowati

Keterangan Gambar : Bupati Pamekasan Badrut Tamam atau RBT


Pamekasan, matahationline.com – Untuk memperingati haul Pangeran Ronggosukowati, Pemerintah kabupaten (pemkab) Pamekasan menghadirkan salah satu keturunannya yang ke-11 yakni RPA Mujahid Ansori di Pendopo Agung Ronggosukowati, Kamis (1/11/2018) malam.

Dalam sambutannya, Badrut Tamam atau akrab disapa RBT menceritakan tentang sosok yang diperingati sebagai penanda suksesnya pemerintahan di kala itu.

"Pengeran Ronggosukowati dikenal sebagai pendiri Kota Pamekasan, sekaligus menjadi sosok yang membangun tatanan kehidupan masyarakat pada masanya. Pengeran Ronggosukowati naik tahta menggantikan ayahnya sekitar tahun 1530 (Masehi)," tutur Bupati Pamekasan yang khas dengan slogan Berbaur.

Agar kebijakan pemerintahanya bermanfaat bagi rakyat Pamekasan, Ronggosukowati banyak melakukan perubahan sekaligus membenahi berbagai hal guna bersaing dengan kabupaten lain di Madura.

"Salah satunya keberadaan Keraton Mandilaras dan Gedung Pemerintahan yang menjadi cikal bakal terbentuknya pemerintahan yang terorganisir, tertib dan teratur," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPW PKB Jawa Timur.

Selain itu, sambung RBT, Ronggosukowati juga cerdas dalam penataan tata ruang pemerintahannya agar tidak karut marut.

"Termasuk juga keberadaan masjid jami' sebagai sarana peribadatan, asrama prajurit sebagai tempat pendidikan para pemuda dan calon prajurit tangguh, jalan silang di tengah kota, hingga makam umum dan kolam ikan yang diberi nama Kolam Ko'ol," imbuhnya.

Dengan adanya kilas balik pemerintahan Pangeran Ronggosukowati, RBT berharap agar pemerintahannya bisa melanjutkan perjuangan Pangeran Ronggosukowati.

"Dengan ini kami berharap sekapur sirih dan mauidhah dari beliau (Mujahid Ansori) untuk Pamekasan kedepan," harapnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. souvenir gantungan kunci 08 Nov 2018, 15:45:02 WIB

    Selamat tambah usia pangeran Ronggosukowati, semoga menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya sehingga menjadi panutan anak-anak jaman sekarang. Moment haul memang menjadi moment dimana semua kumpul, bercerita dan tertawa bersama. Banyak juga doa-doa dan hadiah yang di panjatkan untuk orang yang sedang merayakan haul. Pastinya sebagai yang punya hajat ingin juga memberikan kenang-kenangan untuk orang yang sudah datang ke acara. Daripada binggung mau kasih apa, berika aja souvenir gantungan kunci dengan desain maskot jawa timur.

View all comments

Write a comment