TKA Serbu Jatim, Pak Halim: Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Lokal!

By 20 Des 2016, 14:19:54 WIBKetenagakerjaan

TKA Serbu Jatim, Pak Halim: Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Lokal!

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar.


SURABAYA, Matahati Online – Perusahaan-perusahaan khususnya di Jawa timur tidak lepas dari serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA). Kondisi itu ditengarai dapat mengancam nasib buruh lokal. Sebab sektor garapan TKA bukanlah sektor khusus yang butuh keahlian, melainkan sektor kasar yang biasa dikerjakan buruh lokal.

Menanggapi persoalan itu, Ketua DPRD Provinsi Jatim Abdul Halim Iskandar mengatakan, semua pihak harus bersinergi untuk menangani kasus ini. Sebab bagaimanapun, ketersediaan lapangan kerja harus lebih kita prioritaskan untuk tenaga kerja lokal untuk meminimalisir tingkat pengangguran di Jawa Timur khsusnya.

“Namun di sisi lain, ini ada konsekuensi dari kompetisi pasar bebas. Selain melakukan strategi politik dan hukum, salah satu yang harus menjadi perhatian kita adalah peningkatan kompetensi tenaga kerja lokal,” kata Pak Halim, Selasa (20/12/16).

Dia melanjutkan, globalisasi dan pasar bebas adalah keniscayaan, jika tidak ingin Jawa Timur diserbu TKA, maka tenaga kerja lokal harus terjamin keahlian dan kompetensinya, belum terlambat untuk megupayakan itu.

“Salah satu contoh yang sudah dilakukan Pemprov adalah pembentukan SMK Mini yang harus terus ditingkatkan. Gagasan original Pakde Karwo ini terbukti efektif meningkatkan skill dan kompetensi tenaga kerja dalam waktu yang relatif singkat,” papar Pria yang populer dengan semboyan Holopis Kuntul Baris itu.

”Jangan alergi pasar bebas dan globalisasi, namun harus kita respon dengan kompetensi!” tegas Pak Halim. [an]

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment