Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas di Jatim bisa Layani Pasien Gangguan Jiwa

By fandra 18 Apr 2017, 12:51:21 WIBKesehatan

Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas di Jatim bisa Layani Pasien Gangguan Jiwa

Keterangan Gambar : ilustrasi


Surabaya, matahationline.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan terutamanya untuk pasien gangguan jiwa. Salah satu wujud dari peningkatan pelayanan kesehatan tersebut, puskesmas kini bisa menangai pasien gangguan jiwa.

 “Jika tidak terlalu parah, bisa ditangani di Puskesmas. Kita sudah punya Puskesmas-Puskesmas khusus yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas kesehatan Jatim, Kohar Hari Santoso, Senin (17/4/2017) dilansir jatimprov.

Kohar menyampaikan, salah satu puskesmas yang sudah bisa melayani pasien gangguan jiwa adalah Puskesmas Kecamatan Licin Banyuwangi. Puskesmas tersebut telah memberikan pelayanan rawat jalan dan inap bagi pasien gangguan jiwa. Tidak hannya itu, puskesmas tersbut bahkan melayani rehabilitasi pengguna obat-obatan terlarang.

Lebih lanjut, Kepala Dinkes tersebut menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Dinas Sosial Jatim untuk membentuk tim khusus yang menangani orang dengan gangguan jiwa di daeraah-daerah terlebih yang di pasung.

menurutnya, pembentukan tim khusus dan implementasinya di lapangan awalnya tidak mudah karena harus berhadapan dengan keluarga. Akan tetapi, setelah diberikan pemahaman akhirnya bisa menerima sehingga oang dengan gangguan jiwa bisa di obati dan direhabilitasi.

Pembentukan tim khusus tersebut juga dalam upaya Pemprov Jatim menjadikan Jatim bebas pasung dengan cara penanggulangan dan penanganan penderita pasung. Langkah awal yang dilakukan oleh tim khusus tersebut adalah dengan melakukan Administrasi terpadu Manajemen (ATM).  ATM pasung direalisasikan dalam bentuk verifikasi dan validasi data, pendekatan keluarga dan pembebasan pasien pasung melalui kerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Langkah berikutnya, melakukan rehabilitasi sosial, resosialisasi atau pengembalian kepada keluarga, serta pendampingan sosial.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment