Tiga Lembaga Negara Tandatangani MoU Pengawasan Dana Desa

By fandra 20 Okt 2017, 09:40:06 WIBPemerintahan

Tiga Lembaga Negara Tandatangani MoU Pengawasan Dana Desa

Keterangan Gambar : proses penandatanganan MoU pengawasan dana desa. Foto by detik.com


Jakarta, matahationline.com – Tiga lembaga Negara pagi tadi, Jumat (20/10/2017) menandatangani nota kesepakatan (MoU) tentang pengawasan dana desa. Tiga lembaga teresebut adalah Kepolisian RI yang diwakili Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kementerian Dalam Negeri ditandatangani oleh Menteri Tjahjo Kumolo dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sandjoyo.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Pusat Data dan Analisis (Puldasis) Polri, Lantai 5, Gedung Utama Mabes Polri pukul 07.30 WIB. Tujuan dari MoU tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas pengelolan dana desa.

Kesepakatan yang telah ditandatangani tersebut akan berlaku selama dua tahun. Namun kesepakatan tersebut dapat diperpanjang setelah ketiga pihak tersebut melakukan koordinasi selambat-lambatnya tiga bulan sebelum masa MoU tersebut habis.

Dilansir detik.com, rencana MoU tersebut sudah ada sejak awal Juli 2017. Dua bulan lalu, Tito mengadakan rapat dengan (Kemendes PDTT) soal pengawasan anggaran desa. "Rencana MoU antara Mendes dengan Polri. Supaya dana desa tepat sasaran, tepat guna, maka perlu ada pendampingan dan pengawasan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto.

Setyo menjelaskan unsur Polri yang akan terlibat langsung pengawasan penyerapan dana desa adalah Bhabinkamtibmas. Keterlibatan Polri, disebut Setyo, sebagai upaya preventif penyelewengan dana desa.[dc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment