Tiga Hal Ini Bisa Ringankan Pembunuh Yuyun

By 08 Mei 2016, 18:12:37 WIBHukum

Tiga Hal Ini Bisa Ringankan Pembunuh Yuyun

Keterangan Gambar : Aksi solidaritas untuk Yuyun. (Foto: Suara.com)


Surabaya, Matahationline - Ada tiga hal yang dapat meringankan hukuman bagi para pembunuh Yuyun, remaja yang masih berusia 14 tahun. Hal itu diutarakan ahli psikologi forensik Reza Indragiri Amriel.

Tiga hal itu antara lain, kata Reza, yang pertama adalah jika terdakwa benar-benar mabuk saat beraksi, bagaimana memastikan keterangan mereka dari sisi kenyataan. “Siapa pula yang benar-benar memerkosa?” kata Reza, dalamketerangan tertulisnya yang diterima redaksi Matahationline.com, Sabtu (7/5/2016).

Yang kedua, lanjut Reza, apakah para terdakwa memang membunuh atau menganiaya korban hingga membuatnya kehilangan nyawa. Menurut orang pertama yang memperoleh gelar master psikologi forensik di Indonesia ini, pasal yang dikenakan terhadap pelaku bisa berbeda. “Ancamanya pidananya juga berbeda,” ujarnya.

Sementara untuk alasan ketiga, Reza mendasarkan pada terdakwa yang masih anak di bawah umur yang belum berlaku asas age of consent atau batas minimum usia untuk melakukan aktivitas seksual. Indonesia menerapkan batas usia untuk melakukan aktivitas seksual 16 tahun. Individu-individu yang berusia 15 tahun atau di bawahnya tidak boleh melakukan aktivitas seksual. [hwo]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment