Taxi Online, Pemprov Jatim Usulkan Tarif Batas Bawah Rp 3.450,-/Km

By fandra 14 Jun 2017, 11:54:52 WIBEkonomi

Taxi Online, Pemprov Jatim Usulkan Tarif Batas Bawah Rp 3.450,-/Km

Keterangan Gambar : ilustrasi


Jakarta, matahationline.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur mengajukan tarif dasar bawah untuk ungkutan taxi berbasis online sebesar Rp 3.450,-/km. Pemberian batas tarif bawah tersebut pasalnya untuk melindungi pengusaha taxi.

“Untuk usulan harga, kami hanya mengusulkan tarif batas bawah. Alasannya untuk melindungi para pelaku usaha transportasi daring. Jangan sampai seperti kasus tadi, untuk 10 kilometer hanya diberi tarif Rp 7.000, berarti kan satu kilometernya tidak sampai Rp 1.000,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi usai diskusi yang digelar Tempo dengan tema “Menuju Implementasi Aturan Taksi Online 1 Juli” di Hotel Redtop, Pacenongan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Sementara terkait dengan penetapan tarif dasar atas untuk taxi online/daring, Pemprov Jatim akan menyerahkanya pada mekanisme pasar. Karena menurut Wahid, taxi online berbasis aplikasi tersebut bukan termasuk transportasi ekonomi, namun transportasi yang bersifat eksklusif dan segmentasinya merupakan dari kalangan menengah atas. “Kalau tidak mampu lantaran tarifnya terlalu mahal, ya silakan pilih alternatif lain,” sambungnya.

Selain membahas tentang tarif dasar bawah dan atas angkutan taxi, Pemprov Jatim juga membahas terkait dengan jumlah kuota pengemudi yang diperbolehkan beroperasi. Wahid menyampaikan bahwa pihaknya mengusulkan kuota pengemudi sebanyak 3.000.

Sedangkan di Jawa Timur saat ini sudah ada 5.000 usaha angkutan online yang mengajukan permohonan ijin beroperasi. Namun hanya ada 800 pemohon yang baru dikeluarkan ijinnya karena hanya jumlah tersebut yang memenuhi persyaratan administratif.

Untuk itu, pada 1 Juli 2017 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek akan diberlakukan secara efektif, pendaftaran pemohon akan tetap dibuka hingga kuota yang disediakan sebanyak 3000 terisi penuh.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment