Sumenep Berbenah Jadi Kota Wisata

By Kontributor 18 Okt 2017, 15:08:41 WIBDaerah

Sumenep Berbenah Jadi Kota Wisata

Keterangan Gambar : penampilan teaterikal batik Sumenep.


Sumenep, matahationline.com – Kabupaten Sumenep Madura terus melakukan pembenahan dalam bidang ekonomi wisata. Hal tersebut tampak dari berbagai kegiatan dan pembenahan dalam penyambutan wisatawan lokal atau mancanegara yang datang berkunjung ke Keraton Sumenep dan wisata alam lainnya.

Dinas Pariwisata kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Sumenep, Rabu (18/10/2017) menyuguhkan teaterikal batik yang mengisahkan tentang asal muasal batik Madura kepada wisatawan mancanegara.

Tidak hanya itu, Dinas Pariwisata memamerkan karya keris asli Sumenep dan karya batik yang ada di Keraton Sumenep. Dinas Pariwisata juga mengajak wisatawan mancanegara tersebut untuk membantik bersama pengrajin batik.

"Untuk kunjungan wisman kali ini memang kami menampilkan yang berbeda. Biasanya kan tari-tarian tradisional. Kalau sekarang ini, kami ingin menonjolkan batik tulis khas Sumenep," kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Sumenep, Sufiyanto.

"Kami ingin para wisman ini bisa melihat dan bersentuhan langsung dengan budaya dan karya seni khas Sumenep. Mangkanya kami datangkan pembatik dan pembuat keris ke Keraton," kata Sufiyanto.

"Kami mengupayakan untuk terus berbenah, agar objek-objek wisata di Sumenep semakin menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung," terangnya.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata di tahun 2017 ini, Sumenep telah mendapat kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 11 kali kunjungan. Sedangkan wisatawan yang datang khusus hari ini sebanyak 145 orang, 111 diantaranya mengunjungi Pantai Sembilan, Pulau Giligenting, dan 34 lainnya mengunjungi museum dan keraton Sumenep.

Sofiyanto mengaku, Wisatawan Mancanegara datang ke Sumenep menggunakan kapal pesiar yang disandarkan di pelabuhan Tanjung. Wisatawan yang datang berasal dari Jerman, Amerika dan Prancis.[gf]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment