Suara Santri di Pilpres 2019

By Kontributor 11 Okt 2018, 13:00:21 WIBPolitik

Suara Santri di Pilpres 2019

Keterangan Gambar : ilustrasi


Surabaya, matahationline.com – Santri adalah kelompok yang menjadi rebutan oleh Capres dan Cawapres 2019. Karena santri menjadi kelompok yang bisa menambah pundi-pundi suara saat Pilpres 2019 mendatang.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lili Romli mengatakan santri memiliki peran penting untuk menambah elektoral, terutama bagi kubu petahana Jokowi-Ma'ruf. Selain karena pemerintahan Jokowi telah menetapkan Hari Santri Nasional, Mada pun menilai posisi Ma'ruf sebagai kiai NU tak bisa dipinggirkan. Apalagi, Ma'ruf bukan sekedar kiai atau ulama, karena dia adalah Rais Aam PBNU yang kemudian mundur setelah resmi ditetapkan sebagai cawapres oleh KPU.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya (santri) menjadi pendukung atau komoditas. Sekarang akan berperan signifikan karena ketua santrinya itu cawapres," ujar Lili kepada CNNIndonesia.com.

Lili menuturkan pola hubungan yang terjadi di pesantren bersifat patron klien. Sehingga, santri akan mengikuti pilihan politik yang ditentukan para kiainya.

"Jadi ketika ketua santrinya nyalon, maka santri-santrinya akan ikut. Ya, tentu saja mereka akan memperjuangkan para santrinya dan santrinya juga akan berjuang sekuat tenaga memenangkan kiainya," katanya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment