Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Politisi PKB Contohkan Konflik Timur Tengah

By Kontributor 13 Sep 2018, 18:12:15 WIBTokoh

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Politisi PKB Contohkan Konflik Timur Tengah

Keterangan Gambar : Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dalam acara temu Alumni Ponpes Lirboyo.


Blitar, matahationline.com – Anggota MPR RI dari F-PKB KH An'im Falachuddin Mahrus melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada alumni Pondok Pesantren Lirboyo yang berada di Kota Blitar Jawa Timur, Rabu (12/9/2018). Sosialisasi yang dikemas dalam acara temu alumni tersebut membahas pentingnya nasionalisme dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pria yang biasa disapa Kiai An’im tersebut menjelaskan pentingnya nasionalisme kepada generasi muda. Karena hal tersebut untuk meningkatkan rasa persaudaraan sebangsa dalam bernegara. “Nasionalisme dengan Pancasila sebagai falsafah tentu harus ditanamkan sejak dini, ini penting. Karena dengan pondasi itu, kita bisa bersatu dalam perbedaan,” ungkapnya.

Politisi dari Daerah Pemilihan Jatim VI itu kemudian memberikan contoh-contoh konflik yang terjadi di negara-negara Timur Tengah seperti Suriah dan Irak. Negara tersebut mengalami konflik horizontal tiada akhir karena tidak adanya rasa nasionalisme dalam bernegara. “Rasa Persaudaraan sebangsa tidak ada, sehingga mudah diadu domba oleh gerakan-gerkan ekstrimis dengan mengatasnamakan agama dan akidah,” katanya.

Gerakan tersebut, menurut Kiai An’im saat ini mulai masuk ke Indonesia denngan tujuan untuk membubarkan NKRI dan menghilangkan falsafah negara, Pancasila. “Saat ini  gerakan itu yang ada di Indonesia hampir sama dengan pola-pola gerakan kelompok ekstrime di Timur Tengah,” terangnya.

Karena itu, pemerintah harus intensif untuk melakukan program-program kesadaran akan nasionalisme kepada setiap warga negara, tidak hanya di kota-kota, namun juga di pelosok desa. “Ini sosialisasi 4 pilar Kebangsaan hanya sebagaian dari usaha penyadaran pentingnya nasionalisme, pemerinah harus bekerja keras untuk itu,” pungkasnya.[RR]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment