RUU Pesantren: Cak Imin Minta Bupati Petakan Karakteristik Pesantren

By Kontributor 25 Okt 2018, 12:56:17 WIBDunia Islam

RUU Pesantren: Cak Imin Minta Bupati Petakan Karakteristik Pesantren

Keterangan Gambar : Cak Imin saat memberikan sambutan dalam acara Seminar RUU Pesantren


Surabaya, matahationline.com - Ketua Umum DPP PKB Jawa Timur Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengintruksikan para bupati yang berasal dari PKB untuk melakukan pemetaan karakterisitik pondok pesantren yang ada di wilayahnya. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari disahkannya Rancangan Undang-Undang Tentang Pesantren dan Pendidikan Agama oleh DPR menjadi usul inisiatif DPR.

"Para bupati, kader PKB kita tugaskan untuk mensosialisasikan ke pesantren-pesantren sekaligus membuat roadmap dan memetakan karakteristik pesantren yang ada," ungkap Cak Imin dalam acara Seminar Rancangan Undang-Undang Pesantren dan Pendidikan Agama di Hotel Tunjungan Surabaya, (25/10/2018).

Pementaan karakteristik tersebut menurut Cak Imin sangat penting guna untuk mendetailkan isi dari RUU pesantren. Sehingga lahirnya undang-undang tersebut membawa dampak yang sangat besar terhadap eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan di Indonesia.

Sementara itu, Ketua PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar mempunyai harapan besar dengan adanya RUU Pesantren untuk pondok pesantren dalam katagori salaf. Menurutnya, pendidikan yang ada di pondok pesantren salaf jauh dari perhatian pemerintah, sehingga pesantren dengan katagori tersebut jarang mendapatkan apresiasi, baik dari segi pengakuan atas pendidikan yang berjalan maupun dari segi anggaran pendidikan.

"Semoga dengan RUU ini, pesantren salaf bisa diapresiasi dan pendidikannya dapat diakui," katanya.

Untuk itu, seminar RUU Pesantren yang diselenggrakan PKB merupakan awalan untuk menjaring aspirasi pondok pesantren utamanya di Jawa Timur. Sehingga RUU Pesantren sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan pesantren.

Kegiatan Seminar RUU Pesantren yang diselenggaran PKB dihadiri oleh perwakilan pesantren dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur. Sementara nara sumber yang hadir ada Tim Ahli DPW PKB Jawa Timur (Dr. Nurul Ghufron, S.H, M.H - Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember & Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Phil.I - Guru Besar IAIN Jember), K.H Marzuki Mustamar (Ketua*Tanfidziyah PWNU Jawa Timur) dan H. Cucun Ahmad Syamsurijal (Anggota Pansus RUU Tentang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. [rr]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment