Romantisme Gus Ipul dengan Warga, Merangkul Pedagang Hingga Menggendong Bayi

By Kontributor 19 Feb 2018, 17:58:01 WIBTokoh

Romantisme Gus Ipul dengan Warga, Merangkul Pedagang Hingga Menggendong Bayi

Keterangan Gambar : Tampak Gus Ipul membeli kaos khas Madura di Pasar Blega Bangkalan.


Bangkalan, matahationline.com – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Gus Ipul kerap kali menunjukkan romantisme kemesraan dengan warganya. Pria yang sempat menemahi Gubernur Jawa Timur Soekarwo dua periode itu, Senin (19/2/2018) kembali menunjukkan romantisme dengan warganya di Pasar Tradisional Blega Bangkalan.

Datang bersama rombongan dengan baju koko putih dan kopiah hitam yang menjadi ciri khasnya itu, ia mulai masuk disela-sela gang sempit pasar rakyat. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyapa dan menyerap aspirasi penjual, pembeli dan warga yang berlalu lalang di dalam pasar.

Satu-persatu orang yang ia jumpai ia sapa, merangkul dan menanyakan kabar hingga apa yang dibutuhkan untuk memperbaiki pasar yang menjadi sumber perekonomian warga setempat. Dengan secangkir kopi, Gus Ipul yang besar dari kalangan pesantren tersebut mendengarkan keluh kesah para penjual dan pembeli.

Usai mendengarkan keluh kesah itu, Cagub yang berpasangan dengan Puti Soekarno itu berencana untuk melakukan revitalisasi pasar tradisional. Menurutnya, revitalisasi itu penting untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi penjual dan pembeli, seperti tingkat kebersihan pasar yang menjadi daya tarik pembeli untuk kembali datang ketempat itu.

“Pasar tradisional kita perlu perbaikan-perbaikan, kalau bahasa yang lebih umum kira-kira perlu direvitalisasi,” ungkap Cagub yang diusung oleh PKB, PDIP, PKS dan Gerindra itu.

Ia meminta pedagang tidak khawatir dengan rencana revitalisasi akan menghilangkan pendapatan mereka, pasar yang direvitalisasi akan menghadirkan pasar yang lebih berkualitas. Karena itulah, untuk menghindari kekhawatiran, ia berjanji kan mengedepankan dialog dengan para pedagang.

Usai melakukan serap aspirasi tersebut, Cagub Jatim nomor urut 2 itu kemudian melanjutkan safarinya bertemu dengan warga Bangkalan yang lain. Seperti berkunjung ke Posyandu Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Di Posyandu itu, ia memantau langsung bagaimana proses pelayanan kesehatan. Ya, Cagub satu ini memang bertekat untuk meningkatkan SDM warga Madura salah satunya dengan intervensi kebijakan Satria Madura ( anggaran satu Triliun untuk Madura red*). Pendidikan dan pelayanan kesehatan benar-benar ia tekankan demi kemajuan Madura.

Dengan gaya santunnya, Gus Ipul tidak canggung untuk menggendong bayi dan balita yang sedang mengantri untuk diberikan pelayanan kesehatan. Dengan kecakapannya ia menimang-nimang bayi yang ia gendong. Jelas saja, pria kelahiran 1964 itu sudah mahir karena ia seorang ayah dari empat anak yang lahir dari Ummu Fatima.

Sesekali ia bercakap-cakap dengan para ibu-ibu dan bidang yang memberikan pelayanan di posyandu. Ia tampak lebih banyak mendengarkan, karena tujuannya untuk menyerap aspirasi dan akhirnya mampu memberikan kebijakan yang tepat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan mengurangi angka kematian ibu dan banyi.

Setelah beberapa jam bersama, Gus Ipul kemudian pamit untuk melanjutkan safarinya menyapa Warga Bangkalan. Pertemuan diposyandu diakhiri dengan foto selfie bersama.[huc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment