Ribuan Warga Nahdliyin Peringati HSN 2017 di Sidoarjo

By Kontributor 22 Okt 2017, 12:14:04 WIBSejarah Indonesia

Ribuan Warga Nahdliyin Peringati HSN 2017 di Sidoarjo

Keterangan Gambar : Ribuan peserta peringatan Hari Santri Nasional 2017 di Stadion Sidoarjo


Sidoarjo, matahationline.com - Ribuan warga nahdliyin dijadwalkan ikut memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017 di Stadion Sidoarjo, Minggu siang (22/10/2017) yang digelar oleh PC GP Ansor Sidoarjo-Jawa Timur. Peringatan hari santri tersebut juga di dukung oleh Badan Otonom Nahdlatul Ulama seperti Banser, Fatayat NU, Muslimat NU, Pagar Nusa, IPNU dan IPPNU Sidoarjo.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak paduan suara dari IPNU dan IPPNU berlatih menyanyikan lagu syubbanul wathon untuk persiapan penyambutan warga dan tamu undangan seperti Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, kyai se-Jawa Timur dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dalam amanatnya melalui pres rilis yang diterima matahationline, menyampaikan bahwa kiprah santri terhadap bangsa Indonesia teruji dengan turut serta dalam mengkokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan pancasila yang bersendikan bhineka tunggal ika.

selain itu, kata Said Aqil, kiprah santri juga terlihat dalam garis perjungan mempertahankan Indonesia dari segala ancaman, baik ancaman penjajalan di masa lalu maupun ancaman dari radikalisme masa kini.

"Pada tahun 1936, sebelum Indonesia merdeka, kaum santri menyatakan nusantara sebagai negara darus salam. Pernyataan ini sebagai legitimasi fiqih berdirinya NKRI berdasarkan pancasila," terangnya.

Said Aqil menambahkan, peringatan hari santri sebagai bentuk penghargaan kepada para santri dan kiai yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sampai berita ini diturunkan, acara peringatah hari santri belum dimulai, sejumlah panitia tampak sibuk melakukan berbagai persiapan. Sedangkan berdasarkan rundown acara HSN 2017, diagendakan pembacaan rekor muri Kitab Kuning Irsyadul Ibad karangan Syeh Imam Nawawi Banten dan dilanjutkan dengan pembacaan sumpah santri.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment