Ribuan Santri dan Warga Jember Jalan Sehat Sarungan Bareng Cak Imin

By Kontributor 04 Nov 2018, 11:47:20 WIBTokoh

Ribuan Santri dan Warga Jember Jalan Sehat Sarungan Bareng Cak Imin

Keterangan Gambar : Cak Imin bersama santri dan warga Jember jalan sehat sarungan sambil membentangkan bendera merah putih


Jember, matahationline.com - Ribuan santri dan warga Jember pagi tadi, Minggu (5/10/2018) mengikuti jalan sehat santri sarungan bareng Wakil Ketua MPR-RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di area Alun-Alun Jember Jawa Timur. Ribuan peserta tampak antusias mngikuti jalan sehat minggu pagi itu sambil berebut foto selfie bareng Cak Imin.

Ada hal unik dalam jalan sehat sarungan itu, yaitu peserta membentangkan bendera merah putih yang panjangnya sekitar 400 meter. Peserta berduyun duyun secara bergantian membentangkan merah putih di atas kepala mereka.

Jalan Sehat Sarungan merupakan salah satu rangkaian dalam memeriahkan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober lalu. Para peserta diwajibkan gunakan sarung dan bersepatu ala Cawapres No 1, KH Ma'ruf Amin. Cak Imin juga menggunakan sarung bersepatu dan memakai kaos hitam bertuliskan "Santri Satukan Negeri".

Momentum Hari Santri 2018 mengangkat tema Santri Satukan Negeri, tema tersebut menjadi pelecut santri untuk semakin menguatkan peran bagi masa depan bangsa. "Hari Santri hari ini kita sambut dengan penuh optimis, Insyaallah pesantren dan santri kita akan menjadi kekuatan utama yang menentukan arah bangsa kita," kata Cak Imin.

Sebab itu, Ketua Umum PKB itu menginginkan pesantren tidak hanya berkutat dari satu kitab ke kitab lain dan/atau hanya tempat pendidikan ajaran islam saja, akan tetapi juga mengambil peran dalam pembangunan ekonomi bangsa. Sudah banyak pesantren dengan adaptasinya dalam perkembangan jaman mampu mengembangkan ekonomi kerakyatan atau ekonomi umat.

“Kalau dari santri lahir kekuatan ekonomi nasional, maka separuh dari bangsa Indonesia menjadi kekuatan ekonomi nasional," jelas Cak Imin[rc]

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment