Respect, Gus Ipul Dialog dengan Buruh

By Kontributor 21 Nov 2017, 10:31:34 WIBKetenagakerjaan

Respect, Gus Ipul Dialog dengan Buruh

Keterangan Gambar : Tampak Wakil Gubernur Jatim, Gus Ipul saat menemui buruh yang berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Timu, Senin (20/11/)


Surabaya, matahationline.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap nasib buruh. Hal tersebut dibuktikan dengan menemui para buruh yang sedang demo di Depan Kantor  Gubernur Jatim, Senin  Malam (20/11/2017).

Dalam tuntutannya, buruh meminta pemerintah provinsi untuk melakukan revisi terhadap Peraturan Gubernur Nomor 75 Tahun 2017 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan Gubernur Jatim.

"Saat ini ada kesenjangan yang luas. Antara daerah ring satu dan daerah di pinggiran, jarak (selisih) UMK sampai Rp 2 juta," kata Koordinator aksi, Jazuli.

Ia juga meminta pemerintah seharusnya tidak sebatas menggunakan patokan Pasal 44 PP 78, tetapi juga menggunakan Pasal 63, sehingga survei kebutuhan hidup layak (KHL) tetap diperlukan.

Melihat aksi demo tersebut, pria yang biasa disapa Gus Ipul tersebut kemudian menemui para buruh dengan naik ke mobil komando polisi yang disiagakan di pintu masuk kantor Gubernur Jatim. Dalam Orasinya, Gus Ipul berjanji akan memenuhi hak hak para buruh.

 "Saya sudah berkomitmen dengan Pak Gubernur, unjuk rasa apa pun pasti kami terima. Jadi meski malam, saya langsung merapat ke sini untuk menemui kawan-kawan buruh semua," kata Gus Ipul.

"Saya pastikan hak-hak buruh akan dipenuhi," ujarnya.

Sebab itu, ia juga berencana untuk berbicara dengan dewan pengupah untuk mencari jalan tengah. "Kami akan membicarakan lagi sehingga UMK tak sampai merugikan buruh," ungkap Gus Ipul.[dc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment