Putusan Dukungan Capres PKB Lebih Dekat ke Jokowi

By Kontributor 05 Apr 2018, 11:43:48 WIBPolitik

Putusan Dukungan Capres PKB Lebih Dekat ke Jokowi

Keterangan Gambar : istimewa


Jakarta, matahationline.com – Wakil Sekretaris DPP PKB Daniel Johan memberikan sinyal putusan dukungan Capres 2019 pada Muspimnas PKB yang akan berlangsung pada bulan Juni mendatang. Sinyal putusan dukungan tersebut lebih dekat dengan nama Joko Widodo.

"Muspimnas itu sudah memutuskan siapa capres dan cawapresnya," katanya, Kamis (5/4/2018).

Kecenderungan dukungan Capres 2019 kepada Jokowi karena PKB sudah menjadi koalisi pemerintahan Jokowi sekaligus menjadi partai pengusung Jokowi-JK 2014 lalu. Sehingga menjadi wajar menurut Daniel, PKB lebih mengutamakan merapat ke Jokowi dari pada membangun koalisi dengan kubu lain. "Ya, kalau intensif tetap dengan koalisi meskipun dengan partai lain tetap kami komunikasi. Jadi, ya, tentu (lebih mungkin) ke Pak Jokowi," ujarnya

Lebih lanjut, Daniel juga memastikan bahwa PKB masih tetap menyodorkan nama Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk menjadi Cawapres Jokowi 2019. Hal itu tidak terlepas dari peran PKB yang mampu menjadi partai penentu kemenangan Jokowi-JK 2014 lalu. Menurut Daniel, tim pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menilai salah satu penyebab kekalahan kemarin karena tidak didukung PKB.

"Mereka akhirnya menyimpulkan, ya, ini salah satu kuncinya karena PKB tidak bersama mereka. Jadi, kalau waktu itu Cak Imin bersama Gerindra dan PAN, mereka berkeyakinan pasti Prabowo menang," jelasnya.

Selain itu, Daniel menganggap cak Imin memiliki kemampuan dalam mendongkrak elektabilitas Jokowi. Hal itu terbukti dari hasil Pileg dan Pilpres 2014 lalu. "Kurang apa buktinya? Di koalisi jelas, PKB selalu jadi sahabat dekatnya PDI-P. Dan (Cak Imin) sudah jadi ketum partai yang membawa dari 4 koma jadi 9 koma. Mau bukti apa lagi? 11 juta basis massa PKB itu bukti yang sangat nyata, kok," katanya.[yac]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment