PKB Anggap Keberpihakan Hukum Terhadap Perempuan Masih Lemah

By Kontributor 17 Nov 2018, 10:44:33 WIBPolitik

PKB Anggap Keberpihakan Hukum Terhadap Perempuan Masih Lemah

Keterangan Gambar : Foto: Istimewa


Jakarta, matahationline.com – Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding menyoroti kasus yang menimpa mantan pegawai honorer SMU 7 Mataram, Baiq Nuril Maknun. Nuril dihukum enam bulan penjara oleh Mahkamah Agung.

Karding menjelaskan bahwa dalam beberapa kasus biasanya korban pelecahan baik verbal maupun fisik enggan untuk melaporkannya.

"Keberanian Nuril merekam percakapan bernada pelecehan yang dilakukan atasannya patut diapresiasi dan mestinya tidak malah dijadikan bukti untuk menyalahkan dirinya di pengadilan. Ini karena memang Nuril tidak terlibat dalam penyebaran rekaman itu, melainkan temannya yang tidak terima Nuril dilecehkan," ucap Karding ditemui disela-sela kesibukannya, Sabtu (17/11/2018).

Putusan Pengadilan Negeri Mataram yang menyatakan Nuril tidak bermasalah melanggar UU ITE mestinya sudah cukup memberi nafas lega bagi Nuril.

"Namum upaya kasasi yang dilakukan Jaksa Penuntut Umun ke Mahkamah Agung tanpa melalui banding Pengadilan Tinggi terasa tergesa-gesa," tutur anggota Komisi III DPR RI.

Keputusan Mahkamah Agung yang menyatakan Nuril bersalah, kata Karding, bukan saja menganulir keputusan Pengadilan Negeri Mataram.

"Tapi juga menunjukkan masih lemahnya keberpihakan hukum kepada perempuan sebagai korban," ucap Karding.

Karding berharap melalui Komisi III dapat menaruh perhatian terhadap kasus Nuril dan berharap Nuril mendapatkan keadilan. Selain itu, ucap Karding, kasus Nuril menunjukkan bahwa reformasi hukum yang diupayakan Presiden Joko Widodo selama ini masih perlu waktu untuk terus dibenahi.

Terutama, peningkatan kapasitas sumber daya untuk hakim perlu terus ditingkatkan. Isu-isu penting semisal perempuan, hakim tidak boleh hanya terpaku murni prosedural hukum tapi juga subtansi hukum harus pro pada nilai kemanusiaan.

"Sebab ke depan, orang bisa takut mengadukan kalau dia kena pelecehan," ucap Karding.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment