Petani Tembakau Curhat Kepada Cak Imin Soal Cukai Rokok

By Kontributor 09 Nov 2017, 12:56:22 WIBEkonomi

Petani Tembakau Curhat Kepada Cak Imin Soal Cukai Rokok

Keterangan Gambar : ilustrasi, foto by setkab.go.id


Jakarta, matahationline.com – Sepuluh perwakilan serikat petani tembakau berkunjung ke Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kamis (9/11/2017). Kedatangan para petani tersebut bertujuan untuk curhat kepada Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar terkait dengan masalah kenaikan cukai rokok.

Perwakilan petani tersebut mengatakan pemerintah telah memutuskan menaikkan cukai rokok sebesar 10,04 persen pada 2018 mendatang. Keputusan tersebut tentu menuai protes keras dari para petani tembakau di Indonesia karena berdampak negatif terhadap harga termbakau.

Terlebih lagi, pemerintah menyarankan petani tembakau untuk mencari komuditas lain, selain tembakau. Hal itu kemudian membuat petani tembakau kecewa karena pemerintah tidak memberikan solusi yang kongkrit terhadap meraka.

Tembakau masuk dalam katagori jenis pertanian yang mudah diberdayakan dan menjanjikan. Bagi para petani, tembakau merupakan satu-satunya komoditas yang memiliki nilai jual tinggi dibanding komoditas lainnya, khususnya saat musim kemarau.

Sebat itu, petani tembakau dari berbagai daerah sangat marah kepada pemeritnah yang meminta meraka untuk harus beralih ke komuditas lain.[ac]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment