Pesantren Jadi Target Pengembangan Ekonomi Umat

By Kontributor 11 Sep 2019, 14:16:08 WIBEkonomi

Pesantren Jadi Target Pengembangan Ekonomi Umat

Keterangan Gambar : Umi Zahrok, anggota DPRD Jawa Timur


Banyuwangi, matahationline.com – Pondok Pesantren dan pedesaan menjadi target baru dalam pengembangan ekonomi keumatan. Hal tersebut disampaikan Umi Zahrok, M.Si dalam acara Pelatihan wirausaha yang diselenggarakan oleh PP Muslimat NU yang bekerja sama dengan Gojek Banyuwangi, Rabu (11/9/2019) di Hotel Santika Banyuwangi.

Umi Zahroh,  mewakili Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indarparawansa mengatakan bahwa pesantren  memiliki sejarah yang sangat bagus dalam membangkitkan perekonomian rakyat pada masa kolonialisme. Gerakan kebangkitan ekonomi yang dimotori pesantren menjadi bagian dari sikap politik melawan kolonialisme.

“Peran kaum santri dan pesantren mempunyai sejarah penggerak nahdlatut tujar (kebangkitan ekonomi/perdagangan). Kala itu sebagai sikap politik melawan kolonialisme dan kini relevansinya spirit nahdlatut tujjar adalah untuk pemberdayaan umat,” ungkap politisi PKB Jawa Timur.

Sementara desa saat ini menjadi perhatian penting pemerintah pusat. Melalui dana desa, desa diharapkan mampu mengembangkan sumber daya yang ada, termasuk juga pengembangan BUMDes di setiap desa.

Umi berharap, dari pelatihan wirausaha tersebut pesantren dan ibu-ibu muslimat yang mengikuti pelatihan mampu mengembangkan usaha yang dimiliki menjadi bisnis star-up. Bisnis star-up menjadi bisnis yang digandrungi kalangan millenial seiring dengan perkembangan arus teknologi informasi.[cm]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment