Peringatan Hari Santri, Ini Harapan Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha

By Kontributor 22 Okt 2017, 09:35:16 WIBDunia Islam

Peringatan Hari Santri, Ini Harapan Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha

Keterangan Gambar : Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, H. Masduki Toha


Surabaya, matahationline.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Surabaya pagi ini, Minggu (22/10/2017) memperingati Hari Santri Nasional 2017 dengan menggelar apel pagi di Tugu Pahlawan Surabaya. Peringatan tersebut diikuti badan otonom NU seperti Banser, GP Ansor, IPNU, IPPNU, Fatayat, Muslimat NU, Pagar Nusa dan sejumlah mahasiswa dan siswa NU.

Turut hadir dalam peringatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya H. Masduki Toha, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Ketua PWNU Jawa Timur, KH Muhammad Hasan Mutawakkil Alallah.

Masduki usai mengikuti apel peringatan Hari Santri tersebut menyampaikan harapannya sebagai wakil rakyat. Ia berharap peringatan hari santri menjadi milik seluruh bangsa Indonesia. Karena peringatan tersebut untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat adanya peran santri yang terlibat dalam proses kemerdekaan.

"Hari Santri harus dimiliki seluruh bangsa, bukan hanya milik kau santri dan NU semata, karena ini cikal bakal kemerdekaan," ungkapnya.

Politisi PKB tersebut menjelaskan bahwa seorang santri tidak hanya orang yang pernah mondok di pesantren. Namun santri secara umum adalaah setiap manusia yang berperilaku ahlakul karimah dan menghargai para ulama serta senang tiasa menjalankan apa yang menjadi perintah Allah.

Sementara itu, KH Hasan Mutawakil Alallah yang bertindak sebagai Inspektur upacara menyampaikan bahwa peringatan hari santri sebagai bentuk pengakuan negara terhadap perjuangan kaum santri. "Ini apresiasi negara kepada kiai, ulama dan santri yang telah ikut berjuang dan merumuskan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ini," ujarnya.

KH Mutawakil berkata jika kiai dan santri sebelum Indonesia merdekan telah menyepakati nusantara sebagai darus salam. Karena itu, islam sebagai agama mayoritas harus bersandingan dengan spirit kebangsaan dan kebhinekaan. [hc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment