Percuma DPD Diperkuat Kalau Akhirnya Dikooptasi Satu Parpol

By fandra 24 Apr 2017, 14:09:21 WIBPolitik

Percuma DPD Diperkuat Kalau Akhirnya Dikooptasi Satu Parpol

Keterangan Gambar : Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesian Corruption Watch (ICW), Donal Fariz di Kantor ICW, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017).(Kompas.com/Kahfi)


Jakarta, matahationline.com - Indonesian Corruption Watch (ICW), Donal Fariz menilai rencana penguatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merupakan sebuah usaha yang tidak tepat untuk dilaksanakan saat ini. Karena DPD cenderung sibuk konflik internal terkait dengan pemilihan Pimpinan Ketua DPD. Terlebih lagi kalau DPD juga dikooptasi oleh satu partai politik.

Bagi Donal, adanya konflik internal tersebut menunjukkan bahwa DPD memang belum siap memiliki kewenangan yang lebih dari pada saat ini. "Mereka terlalu menghabiskan energi di internal untuk berkonflik dalam rebutan jabatan. Sehingga fungsi yang saat ini ada, belum dimaksimalkan," ungkap, Minggu (23/4/2017).

Donal mengatakan, jika penguatan DPD terus dipaksakan dalam waktu dekat dengan kondisi konflik internal, justru akan menimbulkan pertanyaan dibenak publik dan akan menghilangkan kepercayaan pablik kepada lembaga tersebut. "Apa manfaatnya memperkuat DPD ditengah kondisi mereka yang sibuk berkonflik di internal?," tanya Donal seraya mewakili pertanyaan masyarakat.

Oleh sebab itu, sedianya DPD mengkondusifkan situasi internalnya terlebih dahulu. "Percuma kewenangan besar tapi mereka (DPD) hanya sibuk berkonflik di internal," tegas Donal.[fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment