Pengarang ‘Ini Budi’ Tutup Usia, Pak Halim Turut Berduka

By 11 Mei 2016, 17:47:39 WIBPendidikan

Pengarang ‘Ini Budi’ Tutup Usia, Pak Halim Turut Berduka

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar (Pak Halim). (Foto: Matahationline/Azam)


Surabaya, Matahationline - Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar turut berduka atas meninggalnya penulis buku peraga bahasa Indonesia, Ini Budi, Siti Rahmani Rauf yang wafat pada usia 97 tahun, Selasa (10/5/2016). Pria yang lebih dari dua dekade mengabdikan diri sebagai dosen tersebut mengaku mendapat kabar kepulangan Siti dari milis Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (11/02/2016).

“Bu Siti wafat pada pukul 21.20 kemarin,” kata pria yang akrab dipanggil Pak Halim itu, kepada Matahationline.com, Rabu (11/5/2016).

Pak Halim menyampaikan punya kenanganan khusus ketika pertama membaca buku 'Ini Budi' itu. Awalnya, Pak Halim membaca buku tersebut ketika menjadi siswa Sekolah Dasar di kampung halamannya. 

“Saya membaca buku itu dari kelas satu sampai kelas tiga. Buku itu diturunkan dari kakak kelas saya di sekolah,” ujar Pak Halim.

Rasa tertarik terhadap buku karangan Siti itu, lanjut Pak Halim, terutama didasarkan pada sisi gambar. Menurutnya, gambar yang diciptakan bisa gampang dimengerti karena juga dilengkapi dengan penjelasan kalimat yang mudah dipahami.

Pak Halim juga mengetahui, bahwa almarhum telah berprofesi sebagai guru sejak tahun 1937. Buku 'Ini Budi' tersebut, kata Pak Halim, dikerjakan perempuan kelahiran Padang, 5 Juni 1919 itu setelah mendapat tawaran dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, usai pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5, Jakarta Pusat pada 1976.

"Bahkan beliau mau saja menerima tawaran menggarap buku meski tanpa bayaran. Untuk itu, sudah semestinya negara memberi penghargaan yang pantas atas segala perjuangan almarhum," pungkas Pak Halim. [hwo]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment