Pemkab Banyuwangi Wajibkan Puskesmas Turun ke Desa

By 09 Jan 2017, 13:37:07 WIBKesehatan

Pemkab Banyuwangi Wajibkan Puskesmas Turun ke Desa

Keterangan Gambar : ilustrasi. (foto:Janu)


Banyuwangi, matahationline.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mewajibkan puskesmas di seluruh Banyuwangi untuk turun ke desa-desa dalam rangka memberikan penanganan masalah kesehatan bagi warga miskin. Program tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Pemkab Banyuwangi dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, tugas dari puskesmas adalah mendata, memberikan pelayanan kesehatan bagi warga miskin yang tidak bisa berobat ke puskesmas atau ke rumah sakit. "Selain wajib turun untuk memantau kesehatan warga, petugas puskesmas harus mencari warga miskin, juga warga nonproduktif yang mempunyai masalah kesehatan. Cek kesehatannya, dan rutin berikan makanan bergizi untuk mereka. Programnya bersinergi dengan Dinas Sosial. Ini sebagai upaya preventif," jelas Anas dilansir beritajatim.com, Senin (9/1/2016).

Anas mengungkapkan, warga miskin yang ada di Banyuwangi yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan bukan karena pelayanan mahal, akan tetapi warga miskin tidak bisa mengakses layanan kesehatan tersebut. Ia menyampaikan telah menyiapkan anggaran untuk kesehatan, sehingga puskesmas bisa turun ke bawah tanpa khawatir tidak adanya anggaran.

Untuk mensukseskan pelayanan kesehatan warga miskin tersebut, Anas meminta warga termasuk pengurus RT dan RW  dan aparat desa untuk melakukan koordinasi dengan puskesmas. Sehingga warga miskin bisa terlayani kesehatannya.

"Di data Dinas Kesehatan, misalnya Bapak A yang termasuk miskin ini sehat, tapi ternyata sebulan kemudian sakit, itu harus terus dipantau. Toh biaya kesehatan juga sudah disediakan, ada penerima bantuan iuran BPJS. Kalau pun misalnya belum terdata, ada dana jaminan kesehatan dari APBD. Begitu tahu ada yang sakit, lapor dan pasti ditangani," papar Anas.

Anas Menargetkan, jika program pelayanan kesehatan untuk warga miskin tersebut sukses, akan menyediakan layanan klinik konsultasi. Dengan kilinik tersebut warga bisa langsung konsultasi dengan tenaga kesehatan yang sudah disediakan di klinik kesehatan.[bj.com/fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment