Pakar Ekonomi Brawijaya Nilai Program Mas Metal Dapat Atasi Masalah Urbanisasi Jatim

By Kontributor 19 Feb 2018, 09:53:33 WIBEkonomi

Pakar Ekonomi Brawijaya Nilai Program Mas Metal Dapat Atasi Masalah Urbanisasi Jatim

Keterangan Gambar : Gus Ipul-Puti Soekarno foto bersama dengan relawan dan pendukung usai pengambilan nomor urut Pilgub Jatim


Malang, matahationline.com – Pakar ekonomi Universitas Brawijaya Prof Candra Fajri menilai bahwa program yang ditawarkan oleh Cagub-Cawagub Jatim Gus Ipul-Puti Soekarno yaitu program Masyarakat Melek Digital (Mas Metal) merupakan program yang bisa mengatasi permasalahan urbanisasi di Jawa Timur. Permasalah tersebut adalah laju perpindahan penduduk dari desa ke kota yang ingin mencari lapangan pekerjaan.

Program Mas Metal menjadi program andalan Gus Ipul dalam menciptakan peluang dan inovasi bidang ekonomi dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada di pedesaan seperti pertanian, kelautan, pendidikan, dakwah, kesehatan, dan industri.

"Digitalisasi dapat memudahkan masyarakat desa itu untuk melakukan usaha dan mempromosikan potensi daerahnya," ungkap Prof Candra seperti dilansir merdeka.com.

Namun ia mengatakan bahwa program andalan Gus Ipul-Puti Soekarno tersebut masih membutuhkan kajikan yang mendalam untuk mampu menjawab semua permasalahan dan kebutuhan Jawa Timur. "Sebenarnya, program Gus Ipul dengan Mbak Puti sudah menjawab kebutuhan Jawa Timur, namun butuh kajian detailnya," terangnya.

Desa-desa yang ada di Jawa Timur sebagian sulit berkebang karena tidak adanya dukungan infrastruktur, tekonologi dan karakteristik desa itu sendiri. Padahal di banyak desa, juga ada yang sudah mampu menciptakan usaha-usaha kecil yang memiliki potensi untuk berkembang.

“ada juga daerah yang sebenarnya, perlindungan hukumnya bagus dan usaha warganya yang bagus. Namun tidak berkembang dan kurang inovasi, karena tidak tersentuh dengan teknologi," katanya.

Sebab itu, pemetaan setiap desa sangat perlu untuk dilakukan untuk menjadikan program Mas Metal berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan.[tc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment