Pak Halim: Hubungan PKB ke NU itu Wajib Mutlak

By Kontributor 11 Mar 2019, 15:22:55 WIBPolitik

Pak Halim: Hubungan PKB ke NU itu Wajib Mutlak

Keterangan Gambar : Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar atau Pak Halim saat memberikan sambutan pada Serasehan Politik Kebangsaan Bersama Warga NU, Minggu (10/3/2019)


Matahationline.com – Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar atau Pak Halim mengatakan jika hubungan PKB dan NU itu seperti layaknya ayah dan anak. Hal ini didasarkan pada fakta sejarah pendirian partai berlogo bumi tersebut.

Menurutnya, Gus Dur sebagai Deklarator tidak pernah menamakan dirinya sebagai pendiri partai berjuluk Green Party tersebut. Sebab, yang mendirikan PKB adalah warga jamiyah Nahdlatul Ulama yang menginginkan NU memiliki partai politik.

“Dari dulu Gus Dur tidak pernah menjadikan dirinya sebagai pendiri tapi deklarator. Karena yang mendirikan PKB itu warga jamiyah. Jadi, hubungan PKB ke NU itu wajib mutlak dan wajib mugholadoh,” ungkap Pak Halim saat memberikan sambutan di acara Serasehan Politik Kebangsaan Bersama Warga NU di Kantor MWC NU Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Minggu (10/3/2019).

Berlandaskan pada fakta sejarah tersebut, ungkap Pak Halim, PKB memiliki kewajiban untuk berkhidmat kepada organisasi yang mendirikannya.

“Ada dua hal yang sering saya sampaikan kepada kader PKB se Jawa Timur. Pertama, PKB berkhidmat tanpa syarat dan kedua PKB tidak pernah mengintruksikan untuk melayani pengurus NU melainkan jamiyah,” tegas Pak Halim.

Oleh karena itu, jika masih ada kader PKB yang tidak memiliki niat untuk membesarkan dan meramut NU. Maka kadar ke-NU-annya tidak masuk pada ranah ideologis.

“Saya tegaskan kembali jika khidmat kepada PKB kepada jamiyah itu ideologis. Dan NU sebagai ideologis tidak pernah menghujat apalagi menjatuhkan marwah NU sebagai sebuah organisasi,” pungkas Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut.

Pada kesempatan tersebut, hadir Ketua MWC NU Achmad Padi, Calon DPD RI A. Rusyad Manfaluti, anggota DPRD Kabupaten Mojokerto Edi Ikhwanto, dan pengurus ranting MWC NU se-Kecamatan Gedeg. Juga hadir pada kesempatan tersebut banom NU dari unsur Muslimat, Fataya, serta Ansor.   



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Harga Speaker Aktif 17 Mar 2019, 11:59:39 WIB

    Harga Speaker Aktif Terbaik

    Harga Speaker Bluetooth JBL 17 Mar 2019, 12:01:05 WIB

    Harga Speaker Bluetooth JBL Link

View all comments

Write a comment