Pak Halim Hadiri Jaranan Buto Banyuwangi, Bupati Azwar Anas: Terimakasih Calon Gubernur Jatim

By Kontributor 11 Mar 2017, 21:23:49 WIBSosial Budaya

Pak Halim Hadiri Jaranan Buto Banyuwangi, Bupati Azwar Anas: Terimakasih Calon Gubernur Jatim

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar saat memberikan sambutan dalam Festival Jaranan Buto Banyuwangi. Foto: Azzam


BANYUWANGI, Matahati Online - Banyuwangi kembali dimeriahkan oleh gelaran Festival Budaya. Kesenian Jaranan Buto kali ini digelar selama tiga hari berturut-turut di Area Terminal Bus Jajag Banyuwangi, mulai 9 hingga 11 Maret 2017. Berbeda dengan kesenian jaranan buto pada umumnya yang selalu digelar siang hingga sore hari, Festival Jaranan Buto kali ini digelar malam hari.

Hari ketiga, Sabtu (11/3) acara itu semakin gebyar. Istimewanya, kali ini Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar turut hadir di tengah ribuan pengunjung yang berjubel. Kedatangan Ketua DPW PKB Jatim itu didampingi oleh sejumlah Anggota DPRD Jatim antara lain Baddrut Tamam, Chusainuddin, Akik Zaman, Miftakhul Ulum, Ma’mulah Harun.

“Alhamdulillah malam ini masyarakat Banyuwangi khususnya warga Gambiran turut serta nguri-nguri (melestarikan) kesenian jaranan buto. Kedepan, kesenian Jaranan Buto bukan hanya jadi kebanggan Banyuwangi, tapi juga Jawa Timur,” papar pria yang akrab disapa Pak Halim itu.

Dia berharap, dalam sambutannya, tahun depan festival ini bisa lebih meriah. Kesenian ini wajib dijaga dan dilestarikan. “Mari kita bergotong-royong, holopis kuntul baris dalam melestarikan budaya kesenian jaranan buto,” ajak Pak Halim.

“Terima kasih Pak Halim telah mendukung pelestarian Jaranan Buto. Calon Gubernur Jawa Timur, semoga sukses,” ujar Bupati Banyuwangi Anas dalam sambutannya melalui teleconference, disambut tepuk tangan hadirin.

Dalam acara yang diikuti sejumlah peserta dari 16 sanggar Jaranan Buto itu tampak hadir pula KH. Makki (pengasuh pondok pesantren Bahrul Hidayah), Wakil Pimpinan DPRD Banyuwangi Joni Subagio, beberapa anggota FPKB DPRD Banyuwangi dan Sekretaris DPC PKB Banyuwangi Ali Mahrus.

“Kami bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Pak Halim atas apresiasinya mendukung pelestarian tradisional jaranan buto di Banyuwangi,” kata Ketua Panitia Budianto dalam sambutannya.

Sementara itu, Ardi, salah satu pengunjung mengungkapkan rasa senangnya hari ini festival jaranan buto kembali digelar. “Senang sekali acara yang ditunggu sekarang bisa digelar lagi. Apalagi ada dukungan dari Ketua DPRD Jatim. Semoga festival Jaranan Buto bisa dilaksanakan setiap tahun,” katanya saat bertemu Matahati Online. [an]

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment