Pak Halim Ajak Generasi Milenial Untuk Tetap Menggemari Seni Budaya Rakyat

By Kontributor 23 Mar 2019, 19:14:07 WIBPolitik

Pak Halim Ajak Generasi Milenial Untuk Tetap Menggemari Seni Budaya Rakyat

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Provinsi Jatim Abdul Halim Iskandar (tengah) saat memberikan sambutan (Dok DPRD)


Nganjuk, Matahationline.com – Ketua DPRD Provinsi Jatim Abdul Halim Iskandar atau Pak Halim menghadiri acara pagelaran seni budaya Kabupaten Nganjuk. Mengangkat tema “Pagelaran Seni Budaya Rakyat di Kabupaten Nganjuk 2019: Dengan Budaya Kita Satukan Indonesia”, acara yang digelar di Gedung Balai Budaya Empu Sindok tersebut disemarakkan oleh berbagai elemen masyarakat.

Dalam sambutannya, Pak Halim mengatakan bahwa dirinya bangga dan senang karena masih banyak generasi muda yang mencintai kesenian dan budaya bangsa. Salah satunya seni budaya rakyat seperti Karawitan dan Tari Gambyong.

“Dengan melestarikan kesenian budaya rakyat tersebut, saya berharap anak-anak muda generasi milineal ini semakin menggemarinya. Jadi, harus bangga dengan kesenian di daerah, apalagi kesenian kita bisa hidup guyub lan rukun antar sesama,” ungkap Pak halim dalam sambutannya, Sabtu (23/3/2019).

Disamping itu, Pak Halim juga memperingatkan terhadap kaum muda-mudi saat ini. Menurutnya, banyaknya informasi yang tidak akurat menjadi tantangan para kawula muda yang sering bersentuhan dengan media sosial.

Untuk itu, Pak Halim membagikan beberapa tips sederhana untuk menangkal budaya hoax yang acapkali menyesaki media sosial.

“Melihat informasi hoax atau bukan hanya satu caranya yakni lihatlah apa yang diomongkan, jangan lihat siapa yang ngomong,” ungkap Ketua DPW PKB Jatim itu.

Senada dengan Pak Halim, Kasubdit Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Sarjono menyampaikan bahwa seni budaya sejatinya mampu menyatukan masyarakat. Ia pun lantas mengilustrasikannya pada gamelan yang memiliki nada yang tidak sama meski serupa.

“Kita sebagai bangsa Indonesia diciptakan dalam keadaan majemuk. Ibaratnya seperti gamelan yang terdiri dari berbagai alat musik. Begitu dimainkan, akan menjadi satu kesatuan musik yang harmonis seperti Indonesia,” pungkas Sarjono.

Acara yang ditujukan untuk menghibur masyarakat Kabupaten Nganjuk itu diisi dengan berbagai seni pertunjukan. Seperti Karawitan dari Sanggar Banoncinawi Nganjuk, Tari Gambyong Pareanom Sanggar Perwita Laras Pat, Tari Salepuk Sanggar Kelampis Ireng Pace. Tari Kuda Kepang dari Grup Kridha Mandhala. Tari Reog dan Jathilan dari grup Reog Singo Budoyo Gondang. Tari Salepuk. Guyon Pari Keno Cak PETRUK DKK. Tari Kelono Pujang Ganong dan Tari Gambyong pareanom.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment