Over Stay dan Penyalahgunaan Izin Tinggal, Imigrasi Malang Deportasi 32 WNA

By Kontributor 21 Des 2017, 12:39:19 WIBHukum

Over Stay dan Penyalahgunaan Izin Tinggal, Imigrasi Malang Deportasi 32 WNA

Keterangan Gambar : ilustrasi


Malang, matahationline.com – Petugas Imigrasi Kelas I Malang terus melakukan operasi terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang ada di Malang. Hasil dari operasi tersebut, petugas imigrasi menemukan banyaknya WNA yang sudah over stay di Malang. Selain itu juga ditemukan adanya penyalahgunaan izin tinggal yang dilakukan WNA asal China.

Berdasarkan data dari Kantor Imigrasi Kelas I Malang, terdapat 32 WNA yang dideportasi sepanjang tahun 2017. WNA asal China menjadi yang terbanyak dan disusul oleh WNA asal Malaysia dan Timor Leste.

"Kalau WNA dari Timor Leste dan Malaysia dideportasi karena over stay. WNA yang over stay ini 70 persennya adalah pelajar," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Novianto Sulastono, Kamis (21/12/2017).

Ia menyebutkan bahwa tiap tahun terjadi peningkatan jumlah WNA yang didepotasi oleh petugas imigrasi. Tercatat, di tahun 2016 ada 26 WNA yang dideportasi dan 2017 mencapai angka 32 orang. Kenaikan tersebut membuat pihaknya terus melakukan operasi dan penindakan terhadap WNA bermasalah.

“Kami semakin gencar melakukan sosialisasi khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kami juga meningkatkan pengawasan pada orang asing, para pemilik penginapan atau hotel juga dihimbau melapor pada kami jika ada warga asing yang menginap di tempatnya melalui aplikasi pengawasan orang asing," paparnya.

Ia menjelaskan jika pihak imigrasi malang tidak segan melakukan penindakan terdahap WNA yang melakukan pelanggaran dengan cara deportasi dan langkah hukum pro justisia. Hal tersebut untuk memberikan efek jera terhadap WNA yang nakal di Malang. [sc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment