Nilai Kesantrian Alat Pemersatu Semangat Persaudaraan

By Kontributor 15 Okt 2018, 12:26:20 WIBSosial Budaya

Nilai Kesantrian Alat Pemersatu Semangat Persaudaraan

Keterangan Gambar : Cak Imin saat mengkampanyekan Hari Santri


Jakarta, matahationline.com - Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan bahwa nilai kesantrian sangat penting untuk menjaga dan menguatkan kesatuan bangsa. Karena semangat kebersamaan dan persaudaraan saat ini mulai hilang di tengah masyarakat dan yang mampu untuk menumbuhkan semangat tersebut kembali adalah nilai-nilai kesantrian yang dilahirkan di pondok pesantren.

"Semangat persatuan dan kebersamaan mulai luntur akibat hilangnya solidaritas, hilangnya (rasa) persaudaraan dan persahabatan. Namun, yang lebih penting ditengah persaingan di tahun politik ini adalah mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa," kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu, 14 Oktober 2018.

Oleh karena itu, dalam memperingati hari santri ini nilai-nilai kesantrian harus masuk ke tengah-tengah masyarakat. Hal itu, lanjut Cak Imin, untuk mencegah konflik yang terjadi dalam masyarakat dan menghindari terpecah belahnya bangsa Indonesia.

"Perpecahan, konflik, kekerasan di masyarakat harus diatasi dengan nilai-nilai kesantrian. (Peringatan) Hari Santri pada tahun ini harus mewarnai nilai-nilai kemasyarakatan kita," terang Panglima Santri Nusantara itu.

Sebagaimana diketahui, Cak Imin menghadiri dan membuka launching Musabaqoh Kitab Kuning sebagai rangkaian dari kegiatan Hari Santri Nasional yang digelar oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, juga akan digelar perlombaan Stand Up Comedy Santri dan sejumlah kegiatan lain yang melibatkan santri di seluruh Indonesia. 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment