Menteri Rini: Produk Andalan UMKM Harus Dipatenkan

By 17 Des 2016, 12:57:56 WIBEkonomi

Menteri Rini: Produk Andalan UMKM Harus Dipatenkan

Keterangan Gambar : Ilustrasi: Salah satu produk UMKM.


JAKARTA, Matahati Online - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno ingin para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mematenkan produk-produk andalannya. Hal itu diperlukan agar produk-produk UMKM tersebut dapat bersaing dan tidak dicuri oleh pelaku-pelaju bisnis di luar negeri.

"Produk baru perlu dipatenkan. Jangan sampai, kalau dijual keluar, diambil orang lain," kata Rini dalam sambutannya pada UMKM Digitalvolution di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 17 Desember 2016.

Selain itu, Rini menginginkan agar UMKM tidak hanya mementingkan rasa, tetapi juga kemasan. "Produk kita itu sebenarnya sudah sangat bagus. Good taste. Kekurangannya, seringkali packaging. Sering orang bilang, apa sih packaging? Yang penting makanannya. Cuma, banyak pihak yang melihat packaging," ujarnya.

Menurut Rini, apabila sebuah produk dikemas dengan konsep yang bagus, konsumen akan lebih tertarik membeli produk tersebut. "Apapun barang yg kurang bagus, kalau di-package bagus, jadi lebih menarik. Ini tanggung jawab BRI mendorong UMKM sehingga kita bisa masuk ke kancah dunia," tuturnya.

Rini pun berharap, UMKM dapat naik kelas karena pada dasarnya kekuatan ekonomi Indonesia ditopang oleh UMKM. "Yang mikro jadi kecil, yang kecil jadi menengah, yang menengah jadi besar. Saya berharap, UMKM bisa jadi besar-besar dan jadi konglomerat di masa mendatang," tuturnya.

Ke depan, Rini ingin BRI terus mendorong pertumbuhan UMKM dengan menggunakan digitalisasi. "Bagaimana UMKM berevolusi, bagaimana UMKM go digital. Ini perlu terus dikumandangkan di seluruh Indonesia sehingga UMKM berkembang pesat dan meraih pasar tingkat dunia," ujarnya.

 

Sumber : tempo.co



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment