Mensos Berikan SIM C untuk Warga Miskin

By 11 Apr 2016, 13:02:06 WIBPolitik

Mensos Berikan SIM C untuk Warga Miskin

Keterangan Gambar : Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (Foto: dinsos.bantenprov.go.id)


Blitar - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) C secara gratis kepada penerima program keluarga harapan (PKH). Sebanyak 200 warga yang menerima bantuan tersebut diharapkan bisa lebih kreatif dan produktif.
 
"Dengan diberikannya bantuan SIM C ini, mereka diharapkan lebih kreatif dan produktif dalam membuat usaha. Misalnya menjadi pedagang sayur keliling atau tukang ojek," kata Khofifah saat menghadiri penyerahan SIM gratis, di Pendopo Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Minggu (10/4/2016).
 
Terkait program tersebut, Khofifah menyampaikan sudah koordinasi dengan Kapolri. Di Blitar, pemberian SIM gratis bagi warga penerima PKH masih uji coba. Sebelumnya, uji coba pertama dilakukan di Jakarta Timur.
 
"Pertama dilakukan di Jakarta Timur dan berjalan lancar. Mudah-mudahan di Blitar juga berjalan lancar. Nanti ada satu titik lagi, baru MoU dengan Kapolri," ujarnya.
 
Mensos menmbahkan, sumber program SIM C gratis bagi warga penerima PKH tersebut didapat dari bantuan atau CSR. Untuk di Jakarta Timur dibantu dari Yamaha, sedangkan di Kabupaten Blitar dibantu oleh BNI.
 
Disinggung terkait dengan bagaimana mekanisme menjalankan program tersebut, Mensos mengatakan akan mengoptimalkan kinerja pendamping. Sesuai dengan aturan, pendamping mempunyai tugas untuk mendampingi setiap daerahnya. Per satu orang pendamping standar mendampingi 150-200 kepala keluarga (KK).
 
Selain standart yang diberlakukan, Mensos juga menegaskan ada aturan pendamping tidak diperbolehkan beda kecamatan dengan warga yang didampinginya. Dengan itu, pendamping bisa bekerja dengan lebih efektif. [hw]


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment