Menpora Ajak Mahasiswa Ikut Perangi Narkoba

By Kontributor 15 Jun 2017, 16:26:15 WIBKesehatan

Menpora Ajak Mahasiswa Ikut Perangi Narkoba

Keterangan Gambar : Menpora, Imam Nahrawi menyampaikan kuliah umum di kampus UIN Raden Fatah Palembang .


PALEMBANG, Matahati Online – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menghadiri deklarasi Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Cak Imam ini juga berkesempatan menyampaikan kuliah umum di depan ratusan mahasiswa kampus kebanggaan warga Palembang itu.

“Mahasiswa wajib ikut perangi Narkoba, karena Indonesia darurat Narkoba,” kata Cak Imam di lokasi acara, Kamis 15 Juni 2017.

Bahaya Narkoba memang sudah sangat memprihatinkan. Berbagai modus serta produk baru Narkoba sudah banyak beredar dan kerap disalahgunakan. Jumlah narkoba jenis baru diketahui naik sekira 44 jenis dan terus bertambah setiap waktu. Hal ini diperparah dengan angka prevalensi penyalahgunaan Narkoba yang mencapai 2,20%.

Berdasarkan catatan BNN, sepanjang 2015-2016 terungkap paling-tidak ada 1.015 kasus dari 72 jaringan sindikat narkoba dengan jumlah tersangka 1.681 pelaku. Meski demikian, dari berbagai kasus yang berhasil diproses aparat penegak hukum, uang yang berhasil dirampas negara dari hasil praktik pencucian uang dari bisnis narkoba hanya sekitar Rp142 miliar.

Hal ini yang turut membuat Menpora prihatin. Karenanya ia komitmen bersama pemuda-pemuda Indonesia untuk bersama-sama memerangi Narkoba melalui berbagai kegiatan. Selain Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba, Cak Imam juga melatih ribuan kader inti pemuda anti Narkoba di sejumlah kota di Indonesia.

Pelatihan yang mengangkat tema “Pemuda Indonesia Siap Perangi Narkoba” tersebut diikuti oleh 1200 Kader Inti Pemuda Anti Narkoba dan 28.000 Kader Pemuda Anti Narkoba yang tersebar di lima Provinsi, Sumatera Selatan, Banten, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat, serta 30 Kabupaten/Kota.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment