Mahasiswa Universitas Jember Desak Rektor Tindak Dosen Sewenang-wenang

By 05 Des 2016, 12:45:48 WIBPendidikan

Mahasiswa Universitas Jember Desak Rektor Tindak Dosen Sewenang-wenang

Keterangan Gambar : Tampak dosen dan mahasiswa berpartisipasi dengan memberikan tandatangan. (Foto: Hari)


Jember, matahationline.com — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Mahasiswa (ASM) menggelar demonstrasi dengan berkeliling Fakultas Universitas Jember (Unej), Senin (5/12/2016). Mereka menuntut rektorat untuk menertibkan dosen yang bertindak sewenang-wenang terhadap mahasiswa dalam perkuliahan.

Koordinator Lapangan (Korlap) Achmad Faizal mengatakan, tidak seharusnya dosen sewenang-wenang memperlakukan mahasiswa di dalam kampus. Mata kuliah yang diajarkan haruslah sesuai dengan peraturan yang ada.

“Kami atas nama mahasiswa Universitas Jember, menuntut rektorat untuk bertindak tegas terhadap dosen yang seenaknya mengganti jam perkuliahan dengan menggelar diskusi di luar kelas,” kata Faizal.

Diskusi yang digelar di luar kelas, kata Faizal, merujuk pada G-212, sebuah komunitas yang menggelar diskusi sepekan sekali. Sampai hari ini G-212 gelar diskusi sudah tiga kali yang temanya terkait dengan pengangkatan dekan. Faizal menduga diskusi-diskusi tersebut bermuatan politis sekali.

“Diskusi tersebut sangat politis, mengajak mahasiswa yang sebenarnya sedang ada kuliah di kelas namun dipaksa menghadiri diskusi tersebut. Dengan kata lain mahasiswa yang tidak ada urusannya dengan pengangkatan dekan, kemudian dipaksa mengikutinya. Kami duga itu bentuk dari provokasi,” tambahnya.

Aksi tersebut juga diwarnai dengan ajakan penandatangan petisi dengan harapan rektorat bertindak tegas terhadap dosen dalam G-212. Puluhan mahasiswa pun tampak berpartisipasi memberikan tandatangannya. [hro]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment