Komitmen Gus Ipul untuk Jatim: Tingkatkan Sertifikasi Pekerja

By Kontributor 27 Jan 2018, 16:00:30 WIBKetenagakerjaan

Komitmen Gus Ipul untuk Jatim: Tingkatkan Sertifikasi Pekerja

Keterangan Gambar : Prosesi penyerahan sertifikat pekerja secara simbolis oleh Gus Ipul.


Surabaya, matahationline.com – Wakil Gubernur Jawa Timur telah berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia Jawa Timur. Salah satu wujut dari komitmen tersebut adalah dengan cara turut serta dalam mendorong peningkatan sertifikasi untuk para pekerja Jawa Timur. Sertifikasi tersebut juga sebagai upaya meningkatkan persaingan tenaga kerja di dunia Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Sertifikat ini sangat penting terlebih kita menghadapi era globalisasi yang dimulai dari MEA, sehingga keahlian pekerja diusahakan memperoleh pengakuan internasional,” ungkap pria yang biasa dipanggil Gus Ipul itu saat menghadiri Penyerahan Sertifikat Pemagangan Wilayah Jawa Timur dan Koordinasi Persiapan PSKK Tahun 2018 Lembaga Sertifikasi Profesi/LSP Koperasi Nusantara di Hotel Alana Surabaya, Sabtu (27/1/2018).

Dengan adanya sertifikasi pekerjaan tersebut akan mempermudah pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Provinsi Jatim mampu menyiapkan tenaga kerja yang kualifikasinya bisa diterima di perusahaan maupun industri. Dimana program sertifikasi tersebut merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah, perusahaan/industri, LSP dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi/BNSP.

“Ini yang saya syukuri karena Jatim menjadi salah satu provinsi yang menjadi prioritas percepatan sertifikasi terutama untuk sektor UMKM, terlebih sektor ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi Jatim,” terangnya.

Gus Ipul memaparkan bahwa sertifikasi sangat penting untuk terus digalakkan, mengingat jumlah pekerja dan pencari kerja di Jawa Timur terus mengalami peningkatkan dari tahun ketahun. Di tahun 2018 misalnya, diprediksi akan ada 326 ribu pekerja. Jumlah tersebut belum ditambah dengan jumlah pengangguran di tahun 2017.

 “Tantangan kita ke depan adalah menyiapkan tenaga kerja baru yang bersertifikat, hal ini sekaligus untuk mengurangi tingkat pengangguran dan mencegah masuknya tenaga asing,” sambungnya.

Calon Gubernur Jatim yang diusung oleh PKB tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jatim juga siap bekerjasama dengan BNSP melalui LSP yang ada untuk mempercepat para pekerja memperoleh sertifikat.[tc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment