Komisi B dan E, Komisi yang Ideal untuk PKB Jatim Perjuangkan Aspirasi Konstituennya

By Kontributor 13 Sep 2019, 16:07:15 WIBPolitik

Komisi B dan E, Komisi yang Ideal untuk PKB Jatim Perjuangkan Aspirasi Konstituennya

Keterangan Gambar : ilustrasi


Surabaya, matahationline.com – Alat Kelengkatan Dewan (AKD) di DPRD Jawa Timur masih tahap pembahasan, partai apa dan siapa yang akan menduduki posisi strategis di struktur kedewanan tersebut belum ditentukan. Salah satu posisi strategis itu adalah ketua komisi, karena komisi ini nantinya akan bermitra dengan SKPD atau dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menentukan kebijakan.

Komisi menjadi bagian penting dan berpengaruh dalam proses perumusan hingga tahap pengambilan kebijakan, PKB Jawa Timur mengincar kursi ketua komisi B. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah. Keinginannya untuk mendapatkan kursi ketua komisi B karena ingin fokus dalam memperjuangkan aspirasi konstituennya pada pemilu kemarin. Dimana pemilih PKB merupakan pemilih tradisional yang berprofesi sebagai petani, pelaku usaha kecil dan juga nelayan.

“Hal ini sesuai dengan salah satu program PKB dari hasil Mukatamar Bali, yakni memperkuat ekonomi kerakyatan. Jadi sangat pas kalau PKB memilih komisi B,” ungkap Perempuan yang digadang-gadang maju sebagai Calon Bupati Sidoarjo 2020 itu.

Komisi B merupakan komisi yang membidangi sektor ekonomi riil di parlemen Jatim. Komisi tersebut nantinya akan bermitra dengan Dinas Pertanian, Dinas Perkebungan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Peternakan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

Dengan komisi tersebut, tentu PKB akan mudah memperjuangkan nasib pemilihnya seperti meningkatkan nilai tukar petani, pemberian modal lunak untuk petani dan pelaku usaha UMKM, serta mencarikan pasar untuk petani, UMKM dan nelayan. Karena selama ini telah terjadi kesenjangan kesejahteraan di masyarakat antara desa yang didominasi petani dan nelayan dengan kesejahteraan di kota.

“Selama ini pembangunan ekonomi masih berkutat pada daerah tertentu sehingga menyebabkan kesenjangan ekonomi  yang cukup tinggi,” terangnya.

Selain Komisi B, Komisi E juga menjadi salah satu komisi yang strategis untuk PKB. Meski tidak mungkin untuk mendapatkan jatah dua kursi ketua, posisi wakil di Komisi E menjadi peluang PKB untuk memperjuangkan votersnya yang berprofesi sebagai guru atau yang bersinggungan dengan pendidikan. Salah satu voters terbesar PKB adalah kelompok nahdliyin yang rata-rata memiliki lembaga pendidikan ataupun menyekolahkan anaknya dilembaga pendidikan dibawah naungan NU, seperti pondok pesantren dan madrasah.

Hal itu  kemudian yang mengispirasi PKB untuk memperjuangkan hak-hak pemilihnya, salah satunya adalah kesetaraan anggaran pendidikan baik antara swasta dan negeri. Kesamaan anggaran pendidikan di swasta dan negeri penting, karena sekolah swasta yang selama ini mendapat perlakuan tidak sama, selalu dianaktirikan terkait anggaran pendidikan, berbeda dengan sekolah negeri yang mendapat alokasi anggaran yang lebih besar.

“PKB punya kewajiban untuk mengawal keseimbangan alokasi anggaran negeri-swasta, utamanya untuk madrasah aliyah harus mendapatkan perlakuan yang sama,” terang Ketua Perempuan Bangsa Jawa Timur itu.

Komisi B dan Komisi E menjadi komisi yang ideal untuk PKB dalam memperjuangkan hak-hak konstituennya di parlemen Jawa Timur.[ct]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. cotton canvas shopper and tote bags 19 Sep 2019, 22:58:53 WIB

    Such a great blog is very difficult to get. I am very happy to join this Blog in today

    brake disc cost 21 Sep 2019, 00:21:09 WIB

    Great post. I like this post. Thanks for sharing this useful information.

View all comments

Write a comment