Komdis PSSI Hukum Persib Bandung Tanpa Suporter Hingga Tengah Musim 2019

By Kontributor 02 Okt 2018, 16:36:30 WIBOlahraga

Komdis PSSI Hukum Persib Bandung Tanpa Suporter Hingga Tengah Musim 2019

Keterangan Gambar : ilustrasi


Jakarta, matahationline.com – Akhirnya Komisi Disiplin (Komdis) PSSI mengambil kebijakan usai tragedi berdarah, tewasnya suporter Persija Jakarta karena dikeroyok oleh suporter Persib Bandung  pada 23 September lalu. Kebijakan yang diambil oleh Komdis PSSI yaitu menjatuhkan 9 hukuman kepada Persib Bandung, diantaranya bertanding tampa suporter hingga pertengahan musim liga 1 2019.

Sidang Komdis PSSI sendiri dilakukan pada Senin kemarin, 1 Oktober 2018. Komdis menilai, pada laga melawan Persija Jakarta itu terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh Persib sebagai klub, panitia pelaksana maupun oleh suporter dan juga pemain serta ofisialnya.

Berikut 9 poin hukuman yang diberikan Komdis PSSI kepada Persib Bandung:

1. Pihak Terhukum: Persib Bandung

 Jenis pelanggaran: melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat MCM, melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas

Hukuman: Sanksi pertandingan home diluar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.

2. Pihak Terhukum: Suporter Persib Bandung

 Jenis pelanggaran: melakukan intimidasi terhadap tim Persija pada saat MCM dan melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas

Hukuman: Sanksi penonton dan atau suporter berupa larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung pada saat home maupun away serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019.

3. Pihak Terhukum: Panitia pelaksana pertandingan Persib Bandung

Jenis pelanggaran: suporter Persib melakukan intimidasi terhadap tim Persija pada saat MCM dan melakukan. Sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas. Panpel gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang menonton.

Hukuman: 
- Ketua panitia pelaksana pertandingan & security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama 2 (dua) tahun.
- Panpel Persib Bandung didenda sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah)
- Panpel Persib Bandung wajib memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun.

4. Pihak Terhukum: Seluruh tersangka pengeroyokan Haringga Sirla

Jenis pelanggaran: melakukan provokasi hingga pengeroyokan disertai pemukulan terhadap supporter Persija Jakarta hingga tewas.

Hukuman: Sanksi semua tersangka pengeroyokan Haringga Sirila dihukum larangan menonton sepakbola di wilayan Republik Indonesia seumur hidup.

5. Pihak Terhukum: Jonatan Jesus Bauman (Persib)

Jenis pelanggaran: Menyikut pemain lawan

Hukuman: Sanksi larangan bermain sebanyak 2 pertandingan

6. Pihak Terhukum: Ezechiel Ndouasel (Persib)

Jenis pelanggaran: Menyikut dan dengan sengaja mendorong kepala pemain lawan
Hukuman: Sanksi larangan bermain sebanyak 5 (lima) pertandingan

7. Pihak Terhukum: Ardi Idrus (Persib)

Jenis pelanggaran: Terlibat keributan dengan pemain lawan Hukuman: Teguran keras

8. Pihak Terhukum: Bojan Malisic (Persib)

Jenis pelanggaran: Menendang pemain lawan

Hukuman: Sanksi larangan bermain sebanyak 4 (empat) pertandingan

9. Pihak Terhukum: Fernando Soler (Asisten Pelatih Persib)

Jenis pelanggaran: Mengintimidasi wasit dengan kata-kata ‘Kalau Persib tidak menang, maka kalian tidak bisa keluar dari stadion.

Hukuman: Sanksi larangan memasuki stadion hingga musim kompetisi 2018 berakhir

Selain menjatuhkan hukuman, PSSI juga memastikan akan segera menggulirkan kompetisi Liga 1 2018 yang sempat dibekukan menyusul tragedi tewasnya Haringga itu. Liga 1 2018 dipastikan akan kembali bergulir pada 5 Oktober 2018.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. phd dissertation writing service 03 Okt 2018, 00:25:11 WIB

    Your blog is very informative and great. Its very great read for me because your writing skills is so good and you will write this post in very good manner. Thanks!

View all comments

Write a comment