KLHK Akan Bangun Infrastruktur Alas Purwo

By 28 Mar 2016, 13:55:00 WIBWisata

KLHK Akan Bangun Infrastruktur Alas Purwo

Keterangan Gambar : Menteri KLHK Siti Nurbaya bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi Alas Purwo. (sumber foto: rri.co.id)


Banyuwangi — Taman Nasional Alas Purwo ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfer dunia oleh organisasi pendidikan, keilmuan dan budaya (Unesco) PBB. Sebab itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan melakukan pembangunan infrastruktur sebagai bentuk dukungan pembangunan pariwisata Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur.

Menteri (KLHK) Siti Nurbaya menyampaikan, pihak kementerian akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pekerjaan Umum. Ia akan membahas terkait pembangunan infrastruktur jalan, pengembangang wisata di Alas Purwo. Pengenbangan pariwisata dan pembangunan infrastruktur yang dilakukan di Alas Purwo dimaksudkan untuk memperhatikan regulasi wilayah konservasi.

“Agenda konservasi kan tidak hanya pelestarian lingkungan, tapi peningkatan ekonomi dan pariwisata perlu untuk dikembangkan. Aturan-aturan tentang konservasi jelas kita perhatikan. Pengembangannya tetap berkelanjutan,” kata Siti, Minggu (27/03/2016).

Siti mengatakan, saat ini ada sekitar 51 taman nasional di seluruh Indonesia yang perlu mendapat perhatian untuk dikembangkan. Namun saat ini hanya dua taman nasional yang bisa dikembangkan karena keterbatasan dana. Kedua taman nasional tersebut adalah Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Alas Purwo.

Alas Purwo dikenal sebagai salah satu Taman Nasional yang identik dengan cerita rakyat hutan yang angker. Namun Alas Purwo juga menyimpan keindahan seperti pantai Pelengkung yang saat ini menjadi salah satu tujuan pertama peselancar dunia dengan keindahan ombaknya. Padang savana dan keanekaragaman fauna  juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Sebab itulah, Siti Nurbaya mengatakan Banyuwangi memang layak jadi destinasi wisata andalan. [ch]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment