Kenang Perjalanan politik Gus Dur, PKB se-Jawa Timur Gelar Haul Serentak

By Kontributor 27 Des 2018, 14:18:42 WIBTokoh

Kenang Perjalanan politik Gus Dur, PKB se-Jawa Timur Gelar Haul Serentak

Keterangan Gambar : Melanjutkan pemikiran dan perjuangan Gus Dur


Surabaya, matahationline.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari tingkat wilayah hingga cabang menggelar Haul KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) serentak se-Jawa Timur. Haul tersebut untuk mengenang perjalanan politik sang pendiri partai berlambang bumi berbintang sembilang itu.

Haul Gus Dur akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Desember 2018 di masing-masing  sekretariat DPC PKB se-Jawa Timur. Sementara di tingkat Jawa Timur, Haul Gus Dur akan dilaksanan di Graha Gus Dur DPW PKB Jawa Timur Jl. Ketintang Madya 153-155 Surabaya.  Rangkaian acara haul tersebut diantaranya khataman al-quran, pembacaan shalawat nariyah 4.444 dan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan istighosah. Haul Gus Dur akan ditutup dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu.

Ketua LPP PKB Jawa Timur, Fauzan Fuadi mengatakan, kegiatan Haul Gus Dur merupakan rutinitas yang sudah mentradisi di PKB. Namun di haul yang ke-9 tersebut, kader-kader PKB secara khusus ingin mengenang perjalanan politik Gus Dur.

“Gus Dur salah satu tokoh yang mengawali karir politiknya dari bawah, dari rakyat biasa hingga menjadi orang nomor 1 di Indonesia. Hal itu yang perlu kita contoh sebagai kader-kader ideologis beliau,” ungkap Fauzan.

Gus Dur dikenal sebagai aktivis, ulama, cendekiawan dan juga sebagai seorang politikus yang memiliki jutaan pengagum dan pengikut. Sebagai politisi, pemikiran dan sikap Gus Dur berlandaskan pada syariat islam yang mengakar di pesantren. Sebab itu kata Fauzan, yang menyebabakan kebijakan Gus Dur saat menjadi presiden sangat humanis.

“ciri dari politik yang berlandas pada syariat itu, kepedulian kepada kepentingan manusia dalam arti luas, dinamis dan transformatif serta bersikap terbuka terhadap peradaban dan perbedaan. Itu ada pada Gus Dur,” terang Caleg PKB Jatim dapil Bojonegoro Tuban itu.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment