Kemenhub Anggarkan Rp 90 Miliar untuk Mudik Gratis

By fandra 07 Jun 2017, 10:42:12 WIBSosial Budaya

Kemenhub Anggarkan Rp 90 Miliar untuk Mudik Gratis

Keterangan Gambar : ilustrasi


Jakarta, matahationline.com – Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp 90 miliar untuk mudik gratis lebaran idul fitri 2017 mendatang. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, anggaran tersebut dibuat untuk oleh kementerian karena tingginya minat masyarakat terkait dengan progam mudik gratis.

Budi mengatakan, jumlah peserta program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sehingga pemerintah menambah anggaran mudik gratis mencapai Rp 70 miliar dibanding tahun sebelumnya hanya Rp 20 miliar.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Devy Suradji, mengatakan sudah ada 112.362 orang yang mendaftar untuk program mudik  garatis  yang diadakan oleh pemerintah. Jumlah peserta ini jauh lebih besar dibanding tahun lalu, yang mencapai 94 ribu orang. “Ini masih sementara, bisa saja bertambah lagi,” kata Devy di lokasi pendaftaran mudik gratis, Gedung Nyai Ageng Serang, Jakarta, Selasa.

Mudik gratis ini dikoordinasikan Kementerian BUMN bersama 25 perusahaan milik negara. Pemerintah dan BUMN menyediakan 1.810 bus, 22 rangkaian kereta api, 18 unit kapal laut, dan 24 pesawat terbang. Sejak pendaftaran dibuka kemarin pagi, antrean peserta mencapai lebih dari 300 meter. 

Melihat antusiasme peserta, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Setyarso akan menambah kuota menjadi 200 ribu orang. “Saat ini kami sudah agak sulit mencari bus wisata,” ujarnya. Budi menjamin semua peserta mudik yang mengikuti program BUMN bakal dilindungi asuransi secara penuh.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan menargetkan 200 ribu peserta. Jatah dana terbesar, Rp 32 miliar, dianggarkan untuk penyediaan angkutan laut. Adapun 976 bus dan 54 truk pengangkut sepeda motor mendapat jatah Rp 30 miliar. Dana sisanya digunakan untuk membiayai angkutan kereta api. [tempo/fc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment