Kampus Pemda Ingin Merger dengan Unair, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

By fandra 18 Okt 2017, 09:52:33 WIBPendidikan

Kampus Pemda Ingin Merger dengan Unair, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Keterangan Gambar : Universitas Airlangga Surabaya


Surabaya, matahationline.com – Universitas Airlangga Surabaya mengajukan bebarapa syarat yang harus dipenuhi kampus milik pemerintah daerah jika ingin merger. Syarat tersebut diantaranya adalah jarak kampus pemda ke unair, akreditasi dan jumlah dosen.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih, Rabu (18/10/2017) jarak menjadi salah satu pertimbangan unair untuk menerima merger dengan kampus pemda. Seperti halnya Akademi Keperawatan (Akper) Gresik dan Akper Lamongan yang telah merger dengan Unair.

"Misalnya Gresik dan Lamongan itu, jaraknya kurang dari 80 kilo meter, jadi masih termasuk dalam domisili. Kalau terlalu jauh kita juga susah melakukan kontrol dan pengawasannya," kata Nasih.

Selian itu, syarat yang harus dipenuhi adalah akreditasi kampus dengan minimal B. Akreditasi tersebut menjadi poin penting mengingat Unair salah satu universitas ternama di Indonesia yang memiliki akreditas A.

Kemudian jumlah dosen dan status dosen yang masuk dalam merger juga menjadi poin yang perlu diperhatian dalam merger. Namun Prof. Nasih menyampaikan jika status dosen tidak akan mengalami kendala karena status dosen yang di kampus pemda berstatus PNS dan hal tersebut bisa di mutasi dari pemda ke Kemenristek-Dikti.

Menyinggung masalah merger yang sudah dilakukan dengan Akper Gresik dan Lamongan, Prof Nasih mengatakan jika mahasiswa yang masuk pada tahun akademik 2015 ke atas akan mengantongi ijazah Unair.

Karena itu, Prof. Nasih memastikan mahasiswa semua akan berada dalam kendali Unair. Termasuk sertifikasi dosen yang akan diusulkan Unair maupun penjaminan mutu lulusanya. "Kita tetapkan harus toefl minimal 450. Ini yang kemarin agak berat," kata Nasih.

"Kita harap untuk mahasiswa tahun 2015 ke bawah untuk diselesaikan semua tahun ini. Maksimal harus lulus semua tahun ini," sambungnya.

Diketahui, kampus pemda yang ingin merger dengan Unair adalah Akper pamekasan dan Akademi Kebidanan (Akbid) Bojonegoro. Untuk itu, pihak Unair masih akan mempertimbangkan merger dengan kedua kampus tersebut.[dc]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment